Strategi Politik Pasangan Tatong Bara - Nayodo Kurniawan Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu Tahun 2018

Authors

  • Fikran Wardiman Paputungan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jp.v11i3.44367

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini mendeskripsikan strategi yang dimainkan oleh pasangan Tatong Bara dan Nayodo pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang fokus mengidentifikasi strategi pasangan ini dalam memenangkan Pilwako Kota Kotamobagu pada tahun 2018. Temuan penelitian menggambarkan terdapat beberapa strategi yang mainkan oleh pasangan calon ini saat bertarung pada pilwako tersebut. Ada yang berbentuk strategi defensif dan ada yang berbentuk strategi ofensif.  Adapun strategi yang dimainkan diantaranya adalah dengan mempertahankan dan merawat wilayah-wilayah yang menjadi basis pendukung pasangan ini agar tidak bisa direbut pasangan calon lain, membentuk tim pemenangan yang profesional, solid, berintegritas, dan meminimalisir potensi untuk menjadi lawan dengan cara memborong semua dukungan partai politik. Strategi lainnya yang membuat pasangan ini berhasil adalah memanfaatkan keunggulan sebagai calon patahana dengan memanfaatkan dukungan birokrasi yang kuat.

 

Kata Kunci: Strategi Politik: Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota: Kota Kotamobagu

 

 

ABSTRACT

This article describes the strategy played by the couple Tatong Bara and Nayodo in the election of the Mayor and Deputy Mayor (Pilwako) of Kotamobagu City in 2018. This study uses a qualitative method, which focuses on identifying the strategy of this pair in winning the Pilwako Kotamobagu City in 2018. The research findings describe there are several strategies played by this pair of candidates when fighting in the pilwako. Some are in the form of a defensive strategy and some are in the form of an offensive strategy. The strategies played include maintaining and caring for the areas that are the basis for supporting this pair so they cannot be taken over by other candidate pairs, forming a professional, solid, integrity winning team, and minimizing the potential to become opponents by buying up all political party support. . Another strategy that has made this pair successful is to take advantage of their superiority as a candidate for fracture by taking advantage of strong bureaucratic support.

 

Keywords: Political Strategy: Election of Mayor and Deputy Mayor: Kotamobagu

Downloads

Published

2022-12-14 — Updated on 2023-01-30

Versions

How to Cite

Paputungan, F. W. (2023). Strategi Politik Pasangan Tatong Bara - Nayodo Kurniawan Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Kotamobagu Tahun 2018. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 11(3), 90–104. https://doi.org/10.35797/jp.v11i3.44367 (Original work published December 14, 2022)

Issue

Section

Articles