Perilaku Politik Pemuda Pada Pemilihan Kepala Daerah

(Analisis Perilaku Pemuda Di Kelurahan Kolongan Akembawi, Kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020)

Authors

  • Novelar Grendy Abram Universitas Sam Ratulangi
  • Burhan Niode Universitas Sam Ratulangi
  • Franky Rengkung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35797/jp.v12i3.50243

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang perilaku politik pemuda pada pemilihan kepala daerah. Pemuda dalam penelitian ini di fokuskan pada para pemuda yang ada di kelurahan Kolongan Akembawi, kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat bagaimana bentuk dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemuda pada pemilihan kepala daerah di Sulawesi Utara tahun 2020 tersebut. Temuan penelitian mengambarkan terdapat beberapa bentuk perilaku para pemuda yang ada di kelurahan Kolongan Akembawi, kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe, diantaranya adalah ada yang berperilaku idealis yaitu mereka yang dalam menentukan pilihannya kepada kandidat dengan melihat visi dan misi yang disampaikan. Selain itu ada juga yang berperilaku kritis, yaitu mereka yang tidak langsung percaya dengan visi dan misi yang disampaikan dan cenderung memperhatikan rekam jejak dari kandidat. Selain kedua bentuk perilaku tersebut ada juga para pemuda yang berperilaku sebagai seorang yang memiliki kesadaran politik yang tinggi,. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemuda disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yakni disebabkan karena kepemilikan pengetahuan yang mendorong kesadaran politik mereka menjadi tinggi, sedangkan faktor eksternal lebih banyak disebabkan oleh pengaruh visi misi yang disampaikan oleh para kandidat serta rekam jejak para kandidat.

 

Kata Kunci : Perilaku politik ; Pemuda; Pemilihan Kepala Daerah

 

 

 

ABSTRACT

                his study examines the political behavior of youth in regional head elections. The youth in this study focused on youth in the Kolongan Akembawi sub-district, Tahuna Barat sub-district, Sangihe Islands Regency in the 2020 election of the Governor and Deputy Governor of North Sulawesi. This study used qualitative methods to see how forms and factors influence behavior youth in the 2020 regional head election in North Sulawesi. The research findings illustrate that there are several forms of youth behavior in the Kolongan Akembawi sub-district, Tahuna Barat sub-district, Sangihe Islands Regency, including some who behave idealistically, namely those who determine their choice of candidates by looking at the vision and mission conveyed. In addition, there are also those who behave critically, namely those who do not immediately believe in the vision and mission presented and tend to pay attention to the candidate's track record. In addition to these two forms of behavior, there are also young people who behave as someone who has high political awareness. While the factors that influence youth behavior are caused by two factors, namely internal factors and external factors. Internal factors are caused by the ownership of knowledge that drives their political awareness to be high, while external factors are more due to the influence of the vision and mission conveyed by the candidates and the track records of the candidates.

 

Keywords: Political behavior; Youth; Regional Head Election

Downloads

Published

2023-08-02

How to Cite

Abram, N. G., Niode, B., & Rengkung, F. (2023). Perilaku Politik Pemuda Pada Pemilihan Kepala Daerah: (Analisis Perilaku Pemuda Di Kelurahan Kolongan Akembawi, Kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020) . POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 12(3), 430–442. https://doi.org/10.35797/jp.v12i3.50243

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>