Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan di Desa Mesakada Kecamatan Tanduk Kalua, Sulawesi Selatan

Authors

  • Monika Bayu Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Hengki D. Walangitan Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Devitha W. Kalitouw Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i2.41317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kelompok tani dan para pihak dalam kegiatan pengelolaan HKm serta menganalisis dampak langsung kegiatan HKm pada pendapatan kelompok tani hutan kemasyarakatan di Desa Mesakada Kecamatan Tanduk kalua Kabupaten Mamasa. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November sampai Desember 2021, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara secara mendalam. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling yang dalam pengambilan sampelnya mengunakan sistem snow ball (bola salju), dan sampel yang akan diambil yaitu ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan ketetapan batas error 15%. Hasil penelitian menunjukkan Kelompok tani yang ada di Desa Mesakada berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan HKm dimana kelompok tani dalam tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, sampai evaluasi ikut serta dan aktif dalam kegiatan tersebut dan untuk pendapatan yang berdampak langsung pada masyarakat atau penerimaan langsung itu belum dirasakan untuk semua anggota kelompok karena kegiatan dan pemebentukan HKm di Desa Mesakada ini masih baru dimana kegiatan-kegiatan yang deprogram masih dalam tahap pemeliharaan dan belum memiliki hasil untuk dipasarkan kecuali bagi anggota kelompok yang memelihara/ternak babi itu dalam satu tahun berjalannya HKm sudah mendapat hasil/penerimaan langsung.

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Ayudanti, K. 2017. Analisis Efektivitas Hutan Kemasyarakatan dalam Meningkatkan Pendapatan dan Tingkat Konsumsi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Skripsi.

Kuncoro, K. 2018. Dampak Perhutanan Sosial: Perspektif Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan. Laporan Riset. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Jakarta.

Muttaqin, M. dan Z. Subarudi. 2013. Pengelolaan Kawasan Hutan dan Lahan dan Pengaruhnya bagi Pelaksanaan REDD+ di Indonesia: Tenure, Stakeholders dan Livelihoods. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Kementerian Kehutanan. Bogor.

Downloads

Published

2022-08-25

Issue

Section

Artikel