Sosialisasi Bijak Berkomunikasi dengan Internet pada Ibu-Ibu di Kecamatan Mapanget Kota Manado

Authors

  • Desie Warouw Sam Ratulangi University
  • Reiner Richard Onsu Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35801/tsss.v6i1.51720

Abstract

Di era 4.0 saat ini, ibu-ibu tidak terlepas dari penggunaan internet, baik untuk mengakses informasi, unuk hubungan sosial, juga sebagai sarana hiburan.  Namun, banyak ibu-ibu yang menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan internet sehingga mengabaikan suami dan anak. Ada juga yang mengalami konflik karena menulis status dan komentar yang menyinggung orang lain di media sosial. Ada juga yang mempercayai berita Hoaks yang beredar di internet.

Melalui sosialisasi tentang Bijak Berkomunikasi Dengan Internet, berkaitan dengan memilih berita yang benar, proteksi informasi pribadi, etika dalam berkomunikasi di internet, hindari penyebaran SARA dan dan pornografi, membaca berita secara keseluruhan, jangan menilai judulnya saja, mengecek kebenaran berita atau informasi baru memberi komentar, hindari provokasi. Melalui sosialisasi juga, meningkatakan pengetahuan tentang bijak berkomunikasi dengan internet, dan meningkatkan ketrampilan tentang penggunaan internet dengan baik dan benar, juga  ibu-ibu terhindar dari masalah dalam bermedia sosial atau berinternet.

Kata Kunci : Bijak Berkomunikasi, Internet, Ibu-Ibu

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Warouw, D., & Reiner Richard Onsu. (2023). Sosialisasi Bijak Berkomunikasi dengan Internet pada Ibu-Ibu di Kecamatan Mapanget Kota Manado. The Studies of Social Sciences, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.35801/tsss.v6i1.51720