Pelatihan Metodologi Hitung Cepat Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi
DOI:
https://doi.org/10.35801/tsss.v7i1.59679Abstract
Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas mahasiswa di bidang penelitian kepemiluan, khususnya survey Quick Count. Kegiatan pelatihan ini terdiri dari dua bagian, yakni: (1) ceramah dan diskusi tentang sejarah lahirnya survey Quick Count, Pemilu dan Pilkada serentak, metodologi quick count, real count, dan exit poll; dan (2) simulasi Quick Count. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, diskusi, curah pendapat, dan simulasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa pemahaman peserta terhadap konsep-konsep kepemiluan sangat mengembirakan, karena lebih dari 80 persen peserta memiliki pemahaman sangat baik. Khusus untuk simulasi Quick Count, mayoritas peserta (61 persen) memiliki pemahaman sangat baik, 20 persen memiliki pemahaman baik, dan 12 persen berada pada kategori pemahaman cukup baik, dan sisanya 7 % berada pada ketegori pemahaman kurang baik. Evaluasi terhadap metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran oleh Tim PKM menunjukan bahwa 93 persen peserta memberikan respon yang sangat baik karena sesuai dengan materi dan kondisi peserta pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Manuscripts published in print and electronically are open access for the purposes of education, research, and libraries. Apart from these purposes, the editorial board is not responsible for violations of copyright law.




1.gif)