Pengaruh Pendidikan Pelatihan Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara

Authors

  • Josephin Djaine Laloan

Abstract

Pendidikan dan Pelatihan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral pegawai sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Pegawai baru sangat memerlukan kegiatan Pendidikan dan pelatihan yang berhubungan dengan tugas dan pekerjaan mereka. Demikian pula dengan pegawai lama saat menghadapi situasi dan kondisi tertentu, misalnya karena di promosikan atau adanya perubahan cara kerja tertentu, terkadang membuat mereka memerlukan Pendidikan dan Pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mengetahui Pengaruh Pendidikan Pelatihan dan Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah tergolong penelitian survey. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai di Lingkungan Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara yang berjumlah 63 pegawai.

Secara parsial variable Pendidikan Pelatihan dan Pengawasan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini dapat diketahui melalui nilai thitung yang lebih besar dari nilai ttable dan nilai probability (sig.) < 0.05. Berdasarkan Analisa data diatas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variable Pendidikan Pelatihan (X1) dan variable pengawasan (X2) yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y). Hal ini diketahui melalui nilai sig. < 0.05. Pengaruh variable bebas terhadap variable terikat sangat kuat. Hal ini diketahui melalui nilai koefisien determinasi R sebesar 0.984 hal ini menunjukan bahwa korelasi atau pengaruh antara variable X1, X2 terhadap variable Y adalah kuat. Sedangkan nilai R² adalah diambil dari nilai adjusted R Square karena penelitian ini memiliki variable lebih dari 2. Besar Adjusted R square adalah 0.968. Hal ini berarti 96.8% perubahan variable Y disebabkan oleh perubahan variable X1 dan X2, sedangkan sisanya 3.2% dipengaruhi factor lain diluar X1 dan X2. Dari nilai t yang muncul maka dapat diketahui bahwa variable Pengawasan berpengaruh lebih dominan secara signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Dari nilai B dan t diketahui bahwa variable Pendidikan dan Pelatihan memiliki pengaruh yang dominan. Hal ini ditegaskan bahwa nilai B yang diperoleh sebesar 0.801 yang artinya 0.801 poin mempengaruhi Kinerja Pegawai. dan nilai t yang di peroleh sebesar 51.637.

 

Kata kunci – Pendidikan, pelatihan, pengawasan

Downloads

Published

2022-07-13

Issue

Section

Articles