ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI USAHA PERSEWAAN CRAWLER TRACTOR DI KOTA Y

Authors

  • Pingkan Ane Kristy Pratasis

Abstract

Alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek, terutama proyek – proyek konstruksi dengan skala yang besar, salah satunya adalah crawler tractor. Di Kota Y, perusahaan persewaan alat berat jenis crawler tractor jarang dijumpai, kebanyakan adalah perusahaan penjualan.
Untuk mendirikan suatu perusahaan persewaaan crawler tractor, perlu dilakukan analisis kelayakan investasi. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah sebuah investasi menguntungkan secara financial atau justru merugikan. Metode yang sering digunakan untuk menilai kelayakan ekonomi suatu investasi usaha adalah Metode NPV, Metode Ekivalensi Nilai Tahunan (Annual Worth Analysis), Metode Ekivalensi Nilai Yang Akan Datang (Future Worth Analysis), Metode Peride Pengembalian Modal (Payback Period Analysis), dan Metode BC Ratio,
Hasil yang diperoleh dari usaha persewaan unit Traktor beroda rantai (Crawler Tractor) jika ditinjau dari aspek finansial memiliki nilai yang menguntungkan untuk berdiri, karena pada tahun ke - 5 memiliki keuntungan / laba yang cukup besar sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan unit yang lain. Hasil pengujian analisis kelayakan menunjukkan bahwa investasi persewaan alat berat crawler tractor adalah layak / menguntungkan.
Key Word: Crawler Tractor, Analisis Finansial, Kelayakan ekonomi

Downloads

Published

2013-04-15