Manajemen Sungai Torrential Sebagai Konsep Pengendalian Banjir Dari Kawasan Hulu DAS Pulisan

Authors

  • Kelvin Haryono Auwyanto
  • Jeffry S. F. Sumarauw
  • Tiny Mananoma

Abstract

Sungai Pulisan adalah salah satu sungai yang berada di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Sungai Pulisan pernah meluap dan menyebabkan kerugian bagi warga yang tinggal di sekitar sungai, serta mengganggu lalu lintas kendaraan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhitungan debit banjir dan elevasi tinggi muka air dari Sungai Pulisan.

Analisis dimulai dengan mencari frekuensi hujan menggunakan metode Log Pearson III. Data hujan yang digunakan berasal dari dua pos hujan, yaitu pos hujan MRG Araren-Pinenek dan pos hujan Klimatologi Maen. Data curah hujan yang digunakan adalah data curah hujan harian maksimum tahun 2002 s/d 2019. Pemodelan hujan aliran pada program komputer HEC-HMS menggunakan metode HSS Soil Conservation Services, dan untuk kehilangan air dengan SCS Curve Number (CN). Untuk aliran dasar (baseflow) menggunakan metode recession. Dilakukan kalibrasi parameter HSS SCS sebelum melakukan simulasi debit banjir dengan menggunakan uji debit puncak. Parameter yang dikalibrasi adalah lag time, curve number, recession constant, initial discharge dan ratio to peak. Untuk batasan setiap parameter disesuaikan dengan nilai standar pada program komputer HEC-HMS. Hasil uji debit puncak menunjukan 3,3 m3/detik. Kemudian dilakukan analisis debit banjir dengan parameter terkalibrasi menggunakan program komputer HEC-HMS. Debit puncak hasil simulasi setiap kala ulang dimasukkan dalam program komputer HEC-RAS untuk simulasi elevasi tinggi muka air pada penampang.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa semua penampang di alur 5 sungai Pulisan yang ditinjau tidak mampu menampung debit banjir rencana yang terjadi untuk kala ulang 25 tahun. Maka, dilakukan redimensi pada semua penampang serta dipasang Gully Plug guna mengurangi kecepatan aliran.

 

Kata kunci – sungai Pulisan, debit banjir, tinggi muka air, HEC-HMS, HEC-RAS, torrential

Downloads

Issue

Section

Articles