METODE ANALISA VARIANS PEMBUATAN BANGUNAN PENGAMAN PANTAI PADA PROYEK X DI KABUPATEN BOLMONG

Authors

  • Pingkan Ane Kristy Pratasis

Abstract

Pengendalian biaya perlu diadakan didalam pelaksanaan suatu pekerjaan agar pekerjaan tersebut dapat berjalan sesuai yang direncanakan.
Penelitian pada proyek Pembuatan Bangunan Pengaman Pantai di Kabupaten X ini melihat apakah biaya yang dikeluarkan oleh pelaksana proyek tidak melebihi dari anggaran yang ada ataukah sebaliknya. Sehingga apabila ada kelebihan anggaran maka pelaksana proyek dapat mengantisipasinya.
Untuk penelitian ini digunakan metode analisa varians biaya terpadu (CV) yang merupakan salah satu metode pengendalian biaya.
Hasil analisa dengan tinjauan pelaksanaan pekerjaan pada bulan September, Oktober, November berdasarkan metode Analisa Varians Biaya Terpadu hasil yang didapat untuk bulan September (-89.902,66), Oktober (-63.108,18), November (-189.327,71), menunjukkan angka yang negatif (-) dimana proyek mengalami cost overrun yaitu pekerjaan terlaksana melebihi dari anggaran. Dengan hasil Cost overrun pelaksana proyek dapat mengadakan koreksi agar hasil akhir tidak akan mengalami cost overrun yang mengakibatkan pelaksana proyek mengalami kerugian.
Kata kunci : Analisa varians, biaya

Downloads

Published

2013-08-15