PROSES EXTRACT, TRANSFORM DAN LOAD PADA DATA WAREHOUSE

Authors

  • Oktavian Abraham Lantang

Abstract

Saat ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, ketergantungan proses bisnis suatu perusahaan terhadap pengolahan data akan terotomasi semakin besar pula, tentu saja kita bisa membayangkan apabila sebuah perusahaan besar dengan cabang perusahaan di beberapa pulau harus mengolah data secara manual
dan tidak terintegrasi. Permasalahan yang ada diatas sudah tidak asing lagi, karena hampir setiap perusahaan berskala besar juga memiliki masalah seperti ini. Banyaknya data transaksi dan desentralisasi yang menyebar diseluruh dunia menyebabkan perusahaan harus membuat atau membeli sistem yang lebih baik, terintegrasi dan mudah dikelola.
Dalam proses pengambilan kebijakan perusahaan dibidang strategi bisnis maka perusahaan memerlukan suatu data olahan yang bersifat analisa, serta dapat menjawab terhadap kebutuhan yang ditawarkan berdasarkan
konsep data warehouse. Untuk menghasilkan analisis data yang berkualitas dan akurat maka konsep data warehouse mempunyai beberapa tahapan. Salah satu tahapan dari proses data warehouse adalah ETL (Extract Transform Load), dan karya tulis ini membahas tentang proses ETL.
Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan ETL yang berkualitas untuk mendukung data warehouse yang baik. Metode yang penulis pakai mengacu kepada case real yang bisa kita coba untuk membuat data warehousenya. Hasil dan kesimpulannya dari ETL ini diharapkan bisa membuat proses data warehouse lebih terkontrol dengan baik.
Kata Kunci : Data warehouse, Extract, Transform, Load

Downloads

Published

2010-08-15

Issue

Section

Articles