Pengujian Benkelman Beam Dan Analisis Perhitungan Tebal Lapis Tambahan (Overlay) Pada Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Di Ruas Jalan Wolter Monginsidi (Dalam Kota Bitung) Sta 0+000 - Sta 0+400 Tahun 2021

Authors

  • Brainer Sibula Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v20i82.44167

Abstract

Ruas Jalan Wolter Monginsidi adalah Ruas Jalan Nasional yang berada di dalam Kota Bitung. STA awal 0+000 tepat mulai di Gapura Batas Kota Bitung di kel. Sagerat, Kec. Matuari. Panjang Total Ruas Jln. Wolter Monginsidi dengan no. Ruas jalan. 50.001.15K adalah 9.327 m. Ruas jalan ini merupakan ruas dimana kendaraan berat seperti container selalu beraktivitas melalui jalan ini. Sehingga kondisi jalan ini mengalami kerusakan deformasi pada permukaan lapisan aspal. Tahun 2021 Untuk Ruas Jalan Wolter Monginsidi (Dalam Kota Bitung) direncanakan 100 m masuk penanganan efektif dalam hal ini Rehab Mayor (Sumber: Data Pemaketan Indakatif 2022 BPJN Sulut). Salah satu cara untuk memvalidasi data di lapangan yaitu melakukan survey Benkelman Beam di Ruas Jalan Wolter Monginsidi. Hasil yang didapat dari test Benkelman Beam dengan Muatan 8,2 ton adalah lendutan wakil tertinggi dari ban ganda kanan sebesar 1,08 mm, sedangkan dari ban ganda kiri menghasilkan lendutan wakil tertinggi sebesar 1,07 mm. Dengan data LHR tahun 2018, maka di dapat Cesa pangkat 4 (kend per tahun ) sebesar 17,93 x 10^6.  Melalui grafik gambar L.1 Tebal overlay berdasarkan lendutan balik maksimum (Benkelman Beam) (kurva beban lebih dari 10^6 ESA4) MDP 2017 maka dari lendutan wakil tertinggi 1,08 mm dan lalu lintas desain beban CESA4 17,93x10^6 didapat tebal overlay 49 mm sehingga dikategorikan tipikal penanganan Rehab mayor yaitu AC-WC tebal 40 mm dan AC-BC tebal 60 mm.

 

Kata kunci Benkelman Beam, ruas jalan Wolter Monginsidi, lendutan wakil

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles