Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Di Ruas Jalan Hasanudin Dan Jalan Arie Lasut Kota Manado

Authors

  • Muhamad Dhafa Minabari Universitas Sam Ratulangi
  • Sisca V. Pandey Universitas Sam Ratulangi
  • Audie L. E. Rumayar Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v20i82.44258

Abstract

Persimpangan yang tidak bersinyal dapat menyebabkan konflik lalu lintas pada jaringan jalan. Salah satu persimpangan yang merupakan simpang tak bersinyal jalan di Kota Manado yaitu pada persimpangan Jalan Hasanudin dan Jalan Arie Lasut. Pada persimpangan ini, terjadi konflik lalu lintas yang disebabkan oleh perpotongan arus lalu lintas yang tidak teratur, dan juga terdapat beberapa area komersil, selain itu permasalahan tentang geometrik jalan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan evaluasi kinerja terhadap tingkat pelayanan dari simpang Jalan Hasanudin dan Jalan Arie Lasut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik dan kinerja simpang tidak bersinyal, dan disimulasikan dengan PTV Vissim serta mengusulkan solusi atau alternatif untuk peningkatan kinerja simpang tidak bersinyal pada Jalan Hasanudin – Jalan Arie Lasut. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode PKJI 2014 dan menggunakan pemodelan dari aplikasi PTV Vissim melalui proses simulasi untuk mendapatkan hasil output. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari yaitu Selasa, 19 Juli 2022, Rabu, 20 Juli 2022, dan Sabtu, 23 Juli 2022. Berdasarkan survei yang dilakukan dapat diperoleh sampel data yang berupa volume lalu lintas, arah pergerakan, kecepatan, data geometrik dan jenis kendaraan. Data yang digunakan yaitu data pada pada hari Selasa, 19 Juli 2022 pada periode jam puncak sore pukul 17.00 – 18.00 WITA. Data ini dianggap mewakili data lainnya karena merupakan data volume lalu lintas tertinggi. Hasil analisa kinerja simpang pada hari Selasa, 19 Juli 2022 didapatkan volume lalu lintas total (Q) sebesar 2913 skr/jam, nilai kapasitas (C) sebesar 2350 skr/jam, nilai derajat kejenuhan (DJ) sebesar 1,23 yang menunjukkan tingkat pelayanan F. Dari data yang diperoleh maka dilakukan alternatif peningkatan kinerja simpang dan didapatkan alternatif terbaik yaitu alternatif pelebaran geometrik jalan serta menambahkan lajur untuk belok kiri langsung dari setiap pendekat jalan mayor dan minor dengan tetap menggunakan pemasangan lampu lalu lintas.

 

Kata Kunci - Simpang Tidak Bersinyal, PKJI 2014, PTV Vissim

Downloads

Published

2022-12-08

Issue

Section

Articles