Analisa Perbandingan Desain Tebal Perkerasan Lentur Lapis Tambah Dengan Metode Desain Perkerasan Jalan 2017 (Revisi 2020) Dan Metode AASHTO 1993 (Studi Kasus: Ruas Jalan Langowan – Ratahan – Belang; STA 0+050 – STA 2+600)

Authors

  • Gerrit A. H. Kolinug Universitas Sam Ratulangi
  • Lucia G. J. Lalamentik Universitas Sam Ratulangi
  • Mecky R. E. Manoppo Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v20i82.44463

Abstract

Volume lalu lintas yang meningkat pada Ruas Jalan Nasional Langoan – Ratahan – Belang dapat mempengaruhi tingkat pelayanan jalan menjadi menurun. Pada ruas jalan Nasional Langoan – Ratahan - Belang yang merupakan jalan lama dengan tipe jalan arteri 2 lajur 2 arah yang dilihat secara visual di beberapa titik terdapat kerusakan fungsional yang sudah mengarah pada kerusakan struktural. Sehingga perlu dilakukan (overlay) guna meningkatkan nilai dari perkerasan lama agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius pada ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membandingkan hasil tebal lapis tambah (overlay) berdasarkan metode Desain Perkerasan Jalan 2017 (Revisi 2020) dan metode AASHTO 1993 menggunakan data lendutan Falling weight deflectometer (FWD). Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari BPJN Sulawesi Utara yaitu data Volume Lalu Lintas (LHR) dan Data Lendutan FWD. Hasil yang diperoleh dari perhitungan CESA (Cumulative Equivalent Single Axle) berdasarkan metode Desain Perkerasan Jalan 2017 (Revisi 2020) adalah CESA4 = 1.830.552 dan CESA5 = 3.490.650 dengan metode AASHTO 1993 W18 = 3.832.657,40. Dari hasil perhitungan metode Desain Perkerasan Jalan 2017 (Revisi 2020) diperoleh overlay untuk CESA4 sebesar 1 cm dan untuk CESA5 sebesar 11 cm, sementara itu pada metode AASHTO 1993 dengan CESA (W18) diperoleh overlay sebesar 9 cm. Perbandingan dari hasil perhitungan desain tebal lapis tambah (overlay) dari kedua metode tersebut ditinjau berdasarkan parameter dari masing-masing metode.

 

Kata kunci Desain Perkerasan Jalan 2017 (Revisi 2020), AASHTO 1993, VDF, Falling Weight Deflectometer

Downloads

Published

2022-12-14

Issue

Section

Articles