Efektifitas Peningkatan Kontrol Simpang Tidak Bersinyal Menjadi Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Ring Road dan Jalan Mangga)

Authors

  • Adhirenta Massang Universitas Sam Ratulangi
  • Semuel Y. R. Rompis Universitas Sam Ratulangi
  • Sisca V. Pandey Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Persimpangan sebagai titik pertemuan dari beberapa lengan sering menjadi tempat kemacetan yang sering terjadi. Persimpangan jalan Ring Road dan jalan Mangga merupakan salah satu simpang tak bersinyal yang ada dikota Manado, untuk mengatasi konflik pada simpang tersebut diperlukan peningkatan kontrol dari simpang tanpa sinyal menjadi simpang dengan sinyal lampu lalu lintas sehingga dapat mengurangi konflik yang tidak diinginkan. Pengambilan data volume lalu lintas dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari Kamis, 26 Agustus 2021, Jumat, 27 Agustus 2021 dan Sabtu, 28 Agustus 2021 dari jam 07.00 - 20.00 Wita. Pengumpulan data terbagi atas dua yaitu data primer (geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan lalu lintas, panjang antrian, dan jenis kendaraan) dan data sekunder (peta lokasi dan jumlah penduduk). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja simpang tanpa sinyal lampu lalu lintas dan simpang dengan sinyal lalu lintas dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) dan perangkat lunak Simulation of Urban Mobility (SUMO). Berdasarkan hasil penelitian kondisi jam puncak pada hari Kamis, pukul 17.00 – 18.00 Wita. Simpang tersebut memiliki nilai kapasitas simpang (C) sebesar 3775,12 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,7952, tundaan simpang (D) sebesar 13,6070 det/smp dan peluang antrian (QP) yang terjadi adalah 25,51% - 50,73%. Hasil simulasi dengan menggunakan perangkat lunak SUMO pergerakan lalu lintas menunjukkan panjang antrian untuk Jalan Riang Road (Barat): 143 m, Jalan Mangga (Utara): 182,17 m, dan Jalan Ring Road (Timur): 239,83 m. Diperlukan penambahan lampu lalu lintas pada simpang untuk mengurangi panjang antrian, maka didapat hasil panjang antrian untuk jalan Ring Road (Barat): 113 m, jalan Mangga (Utara): 180,25 m, dan jalan Ring Road (Timur): 194,75 m.

 

Kata kunci simpang, kapasitas, tundaan, MKJI 1997, Simulation of Urban Mobility, lampu lalulintas

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles