Studi Perbandingan Desain Fondasi Rakit Dengan Fondasi Tiang Bor Pada Proyek Pembangunan Gedung Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi

Authors

  • Toar John Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Fabian J. Manoppo Universitas Sam Ratulangi
  • Jack H. Ticoh Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Bangunan tinggi biasanya dibangun menggunakan fondasi dalam seperti: fondasi tiang dan fondasi sumuran. Fondasi merupakan bagian terbawah dari sebuah bangunan, dimana fondasi berfungsi untuk meneruskan beban-beban yang bekerja ke tanah di bawahnya. Gedung Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi merupakan salah satu infrastruktur penunjang pendidikan yang dibangun pada tahun 2019. Gedung Fakultas Hukum terdiri dari 12 lantai dengan ketinggian sekitar 60 meter, dibangun di atas fondasi tiang bor dengan diameter tiang sebesar 0,8m.

Hasil studi dan analisis menunjukkan bahwa fondasi rakit tidak ada permasalahan pada daya dukung, daya dukung ijin netto yang didapat berdasarkan uji N-SPT dengan Metode Vesic dengan desain fondasi yang direncanakan 40 m x 21 m dan ketebalan fondasi rakit 2 m menghasilkan daya dukung ijin 559.89 kPa. Sedangkan beban yang akan dipikul sebesar 553.611 kPa, sehingga masih di bawah nilai kapasitas dukung ijin tanah. Analisis penurunan menggunakan program Plaxis 3D dan hasil yang terjadi relatif kecil, yaitu sebesar 0.01 m. Nilai tersebut masih tergolong aman karena tidak melebihi nilai penurunan maksimum. Untuk hasil analisis fondasi tiang bor dengan diameter tiang sebesar 0.8 m dan kedalaman fondasi sedalam 12 m, didapat nilai daya dukung sebesar 1802.78 kPa dengan besar penurunan yang terjadi 0.006 m. Bila dilihat dari hasil analisis, fondasi rakit masih bisa dijadikan sebagai alternatif. Karena fondasi rakit mampu untuk memikul beban yang ada dan juga besar penurunan yang terjadi masih lebih kurang dari pada nilai maksimum penurunan. Tetapi fondasi tiang bor merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan fondasi rakit, walaupun kedua fondasi mampu untuk memikul beban yang ada tetapi besar penurunan yang terjadi pada fondasi tiang bor lebih kecil dibandingkan penurunan yang terjadi pada fondasi rakit.

 

Kata kunci fondasi rakit, daya dukung tanah, penurunan, tiang bor

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles