Analisa Tebal Perkerasan Jalan Untuk Beban Berlebih, Temperatur Perkerasan Tinggi, Curah Hujan Tinggi Dan Tanah Lunak Pada Desain Perkerasan Jalan Manado Outer Ringroad (MORR) III Tahap 1 Dengan MDP 2017

Authors

  • Gisella P. Montolalu Universitas Sam Ratulangi
  • Theo K. Sendow Universitas Sam Ratulangi
  • Joice E. Waani Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v21i83.46585

Abstract

Jalan Manado Outer Ringroad (MORR) III Tahap 1 adalah jalan yang baru, maka perlu dilakukan analisa untuk pengaruh beban berlebih, temperatur perkerasan tinggi, curah hujan tinggi dan tanah lunak terhadap tebal perkerasan jalan, untuk melakukan analisa tersebut digunakan metode manual desain perkerasan (MDP) 2017. Selanjutnya dihitung nilai CESA untuk menghitung desain struktur dan tebal perkerasan eksisting yang kemudian digunakan sebagai acuan untuk menghitung tebal perkerasan jalan pada kondisi beban berlebih, temperatur perkerasan tinggi, curah hujan tinggi dan tanah lunak. Dapat disimpulkan bahwa untuk beban berlebih semakin tinggi nilai cesa maka tebal lapisannya akan semakin tebal, untuk temperatur tinggi tebal perkerasannya akan semakin tebal pada temperatur yang lebih tinggi, untuk curah hujan tinggi tebal perkerasannya akan lebih tebal dibandingkan dengan curah hujan rendah, untuk tanah lunak semakin rendah nilai CBR tanah dasar maka akan semakin tebal perkerasannya.

 

Kata kunci: beban berlebih; curah hujan tinggi, MDP 2017, perkerasan lentur, temperatur perkerasan tinggi, tanah lunak

Downloads

Published

2023-02-18

Issue

Section

Articles