Analisis Manajemen Material Dengan Menggunakan Lot for Lot Pada Proyek Preservasi Jalan Simpang Niam-Lubuk Kambing 1, Jambi

Authors

  • Jeremy G. Tamatompol Universitas Sam Ratulangi
  • Ariestides K. T. Dundu Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje B. Mangare Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Manajemen material proyek bertujuan untuk mengatur penggunaan material secara efektif dan efisien selama pelaksanaan pekerjaan, sehingga tidak terjadi masalah kekurangan atau kelebihan material. Perencanaan kebutuhan material adalah metode untuk menentukan bahan atau komponen apa yang harus diproduksi atau dibeli, berapa banyak yang dibutuhkan, dan kapan dibutuhkan. Material Requirement Planning (MRP) terutama didasarkan dengan keadaan persediaan material dalam jadwal pelaksaan proyek.

Metode Material Requirement Planning (MRP) diterapkan pada proyek Preservasi Jalan Simpang Niam-Lubuk Kambing 1, Jambi dengan menghitung jumlah material yang dibutuhkan berdasarkan data RAB, analisis harga satuan dan rencana pelaksanaan proyek. Setelah itu, dibuat distribusi material, yang merupakan masukan untuk menggunakan Material Requirement Plan (MRP). Dengan menggunakan teknik Lot for Lot, dana yang diperlukan untuk pengadaan material dapat diminimalisir Rp. 48.471.706. Hasil ini diperoleh dari selisih antara total cost perencanaan pihak proyek dengan total cost hasil Lot for Lot. Hasil tersebut membuktikan bahwa proses perencanaan kebutuhan material dengan menggunakan Lot for Lot dapat meminimalkan dana pengadaan persediaan material. Rencana pemesanan dan jumlah pemesanan juga diperoleh melalui penggunaan Lot for Lot.

 

Kata kunci: Lot for Lot, pengadaan material, Material Requirement Planning

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles