Analisa Karakteristik Gelombang Kejut Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Jl. Yos Sudarso, Paal Dua, Manado)

Authors

  • Margetty R. C. Siongke Universitas Sam Ratulangi
  • Semuel Y. R. Rompis Universitas Sam Ratulangi
  • Audie L. E. Rumayar Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v21i84.47821

Abstract

Persimpangan bersinyal Jl. Yos Sudarso, Paal Dua, Manado menimbulkan peristiwa gelombang kejut pada arus lalu lintas dikarenakan adanya perubahan nilai arus dan kepadatan, yang disebabkan oleh keberadaan lampu lalu lintas. Penelitian ini menganalisa karakteristik gelombang kejut untuk mengetahui waktu penormalan yang dibutuhkan, untuk memulihkan panjang antrian yang cukup panjang pada jam sibuk yang disebabkan oleh meningkatnya arus lalu lintas. Berdasarkan hasil pemodelan didapatkan model Greenshields pada hari Sabtu, 5 November 2022 sebagai model terbaik ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,683. Karakteristik gelombang kejut yang terjadi untuk arus VA = 1400 skr/jam adalah gelombang kejut maju bentukan (ωDA = 42,760 km/jam), gelombang kejut diam depan (ωDB = 0 km/jam), gelombang kejut mundur bentukan (ωAB = -8,503 km/jam), gelombang kejut maju pemulihan (ωDC = 25,631 km/jam), gelombang kejut mundur pemulihan (ωCB = -25,631 km/jam), gelombang kejut bergerak maju searah pergerakan lalu lintas (ωAC = 17,129 km/jam), tundaan yang terjadi (r = 83,32 detik), panjang antrian maksimum yang terjadi (QM = 294,476 m), waktu penormalan (T = 103,250 detik).

 

Kata kunci - gelombang kejut, simpang bersinyal, arus lalu lintas

Author Biography

Margetty R. C. Siongke, Universitas Sam Ratulangi

Persimpangan bersinyal Jl. Yos Sudarso, Paal Dua, Manado menimbulkan peristiwa gelombang kejut pada arus lalu lintas dikarenakan adanya perubahan nilai arus dan kepadatan, yang disebabkan oleh keberadaan lampu lalu lintas. Penelitian ini menganalisa karakteristik gelombang kejut untuk mengetahui waktu penormalan yang dibutuhkan, untuk memulihkan panjang antrian yang cukup panjang pada jam sibuk yang disebabkan oleh meningkatnya arus lalu lintas. Berdasarkan hasil pemodelan didapatkan model Greenshields pada hari Sabtu, 5 November 2022 sebagai model terbaik ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,683. Karakteristik gelombang kejut yang terjadi untuk arus VA = 1400 skr/jam adalah gelombang kejut maju bentukan (ωDA = 42,760 km/jam), gelombang kejut diam depan (ωDB = 0 km/jam), gelombang kejut mundur bentukan (ωAB = -8,503 km/jam), gelombang kejut maju pemulihan (ωDC = 25,631 km/jam), gelombang kejut mundur pemulihan (ωCB = -25,631 km/jam), gelombang kejut bergerak maju searah pergerakan lalu lintas (ωAC = 17,129 km/jam), tundaan yang terjadi (r = 83,32 detik), panjang antrian maksimum yang terjadi (QM = 294,476 m), waktu penormalan (T = 103,250 detik).

 

Kata kunci - gelombang kejut, simpang bersinyal, arus lalu lintas

Downloads

Published

2023-05-02

Issue

Section

Articles