Analisis Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Pada Ruas Jl. Sam Ratulangi Dan Jl. Korengkeng Di Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.35793/jts.v21i84.48098Abstract
Padatnya arus lalu lintas yang tidak diikuti dengan perkembangan prasarana akan menimbulkan masalah pada arus lalu lintas. khususnya pada simpang tak bersinyal Jl. Sam Ratulangi – Jl. Korengkeng yang terdapat pada Kawasan perdagangan dan jasa di pusat Kota Manado. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karateristik lalu lintas simpang Jl. Sam Ratulangi – Jl. Korengkeng. Menganalisis kinerja simpang tidak bersinyal di Jl. Sam Ratulangi – Jl. Korengkeng dengan metode PKJI 2014. Menganalisis kinerja putaran balik di simpang Jl. Sam Ratulangi – Jl. Korengkeng dengan metode PPPB 2005 dan di simulasikan dengan software PTV VISSIM. Analisis data dilakukan dengan menggunakan PKJI 2014 dan PPPB 2005 lalu disimulasikan pada software PTV VISSIM. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari Sabtu 29 Oktober 2022, hari Senin 31 Oktober 2022, dan hari Rabu 2 November 2022. Data yang digunakan dalam analisis adalah data hari Rabu 2 November 2022 pada periode jam puncak 16.00 – 17.00 WITA. Data ini digunakan karena merupakan data volume tertinggi selama 3 hari penelitian. Hasil analisis karateristik lalu lintas pada simpang didapatkan tingkat kepadatan tertinggi sebesar 200.21 kend/km. hasil analisis kinerja u-turn didapat rasio antrian tertinggi yaitu 0.1 yang artinya tidak terjadi antrian kendaraan yang signifikan. hasil analisis kinerja simpang dengan PKJI 2014 didapat derajat kejenuhan 0.85 dengan tingkat pelayanan D. simulasi PTV VISSIM didapat tundaan simpang 10.48 det/kend dan dibuat 2 skenario dengan skenario terbaik yaitu pelebaran geometrik simpang dengan tundaan 6.88 det/kend.
Kata kunci - simpang tak bersinyal, kinerja, u-turn.