Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Kota Manado (Studi Kasus: STA 0+050 – STA 0+450)
DOI:
https://doi.org/10.35793/jts.v21i84.48108Abstract
Jalan Sam Ratulangi termasuk dalam kawasan perdagangan dan jasa dengan banyak kegiatan masyarakat di dalamnya membuat volume kendaraan juga aktivitas tepi jalan tersebut banyak. Aktivitas tepi jalan adalah salah satu faktor yang turut memperburuk kondisi lalu lintas, dengan memperhatikan hal tersebut maka dilakukan penelitian pada Jalan Sam Ratulangi untuk mengetahui karakteristik lalu lintas, besar pengaruh hambatan samping terhadap lalu lintas dan kinerja dari jalan Sam Ratulangi. Hasil pemodelan hubungan matematis antar parameter karakteristik lalu lintas didapat model terbaik pada segmen 1 adalah Greenberg Senin, 31 Oktober 2022 dengan R2= 0.9156 dan pada segmen 2 adalah Greenberg Sabtu, 29 Oktober 2022 dengan R2= 0.9519. Hasil analisis regresi hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan diperoleh model kontribusi hambatan samping terhadap kecepatan pada kondisi eksisting dengan nilai R2 tertinggi pada hari Rabu, 2 November 2022 untuk segmen 1 yaitu 0.7297, untuk segmen 2 yaitu 0.7536. Nilai signifikansi-F untuk keduanya 0.000<0.05, dapat disimpulkan salah satu penyebab kemacetan pada Jalan Sam Ratulangi diakibatkan oleh hambatan samping dan yang paling berpengaruh adalah kendaraan parkir dan berhenti. Berdasarkan hasil simulasi PTV Vissim dengan skenario hambatan samping rendah terjadi penurunan nilai tundaan. Kinerja jalan dianalisis pada kondisi volume puncak kedua segmen yaitu pada hari Rabu, 2 November 2022 dengan periode waktu pukul 07.00-08.00 WITA, diperoleh kapasitas segmen 1 adalah 3716.064 skr/jam dan segmen 2 adalah 4699.728 skr/jam. Nilai derajat kejenuhan pada segmen 1 didapat 0.634 dan segmen 2 didapat 0.493, tingkat pelayanan kedua segmen adalah C.
Kata kunci - hambatan samping, kinerja ruas jalan, karakteristik lalu lintas