Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Penghubung Desa Kolongan Atas Dan Desa Leilem Dengan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK)

Authors

  • Revaldo Kojo Universitas Negeri Manado
  • Rifana S. S. I. Kawet Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i87.54071

Abstract

Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Tahun 2022, Kecamatan Sonder Memiliki Penduduk Sebanyak 24.900 Jiwa. Seiring Dengan Pertumbuhan Penduduk, Kebutuhan Akan Transportasi Juga Meningkat, Terutama Penggunaan Jalan Sebagai Sarana Aktivitas, Terutama Jalan Yang Menghubungkan Antara Desa Sonder Dan Desa Leilem. Hal Ini Secara Tidak Langsung Menimbulkan Masalah Dan Meningkatkan Risiko Kecelakaan Lalu Lintas. METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN (AEK), Penelitian Ini Akan Dilakukan Di Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa Tepatnya Pada Ruas Jalan Penghubung Desa Kolongan Atas Dan Desa Leilem Tahapan Penelitian Ini Dimulai Dari Studi Literatur, Pembagian Lokasi Persegmen, Tahapan Pengumpulan Data, Dan Analisis Data.Analisis Kecelakaan Di Ruas Jalan Penghubung Desa Kolongan Atas Dan Desa Leilem Selama Sepuluh Tahun Terakhir (2014-2023) Menggunakan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) Dan Metode Upper Control Limit (UCL) Menghasilkan Temuan Lokasi Rawan. Pada Tahun 2014 Dan 2015, Segmen 2 Menunjukkan Risiko Kecelakaan Yang Melampaui Nilai UCL, Dengan Nilai AEK Dan UCL Yang Berbeda. Tahun 2016 Dan 2022 Menunjukkan Tidak Adanya Risiko Rawan Kecelakaan Di Seluruh Segmen. Namun, Pada Tahun 2017, 2018, 2019, 2021, Dan 2023, Segmen 2 Kembali Menunjukkan Risiko Rawan Kecelakaan, Dengan Nilai AEK Yang Melampaui Nilai UCL Pada Beberapa Tahun Tertentu.Untuk Meningkatkan Keamanan Di Ruas Jalan Yang Menghubungkan Desa Kolongan Atas Dan Desa Leilem, Penulis Merekomendasikan Kepada Instansi Terkait Untuk Menambahkan Rambu Peringatan Dan Melakukan Perbaikan Pada Struktur Jalan Terutama Terkait Sudut Elevasi. Hal Ini Penting Dilakukan Agar Sesuai Dengan Ketentuan Yang Berlaku Dan Dapat Mengurangi Risiko Kecelakaan Di Area Tersebut.

 

Kata kunci: tingkat kecelakanan, ruas jalan, Angka Ekivalen Kecelakan, Upper Control Limit

Downloads

Published

2024-01-24

Issue

Section

Articles