Pengaruh Pemanfaatan Hyperplasticizer LSC310 Terhadap Kuat Tekan Beton

Authors

  • Thelma V. Adam Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Minahasa Tenggara

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v21i86.54190

Abstract

Hyperplasticizer Glenium LSC310 adalah suatu bahan yang ditambahkan dalam campuran beton yang berfungsi untuk mereduksi penggunaan air dengan jumlah yang besar sehingga campuran beton dapat dikerjakan dengan mudah meskipun dengan faktor air semen yang rendah. Penelitian pemanfaatan LSC310 pada campuran beton merupakan usaha untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemanfaatan LSC310 ini untuk menghasilkan beton yang memiliki kuat tekan yang diinginkan dengan workability yang baik. Perencanaan campuran menggunakan metode “Road Note No.4” yang dimodifikasi dengan variasi penggunaan hyperplasticizer Glenium LSC310 ialah sebesar 0%, 1% dan 2% untuk FAS 0,40 dan 0%, 1%, 2% dan 3% untuk FAS 0,35 (BT.0-0,40, BT.1-0,40, BT.20,40, BT.0-0,35, BT.1-0,35, BT.2-0,35, BT.3-0,35). Pengujian dilakukan terhadap nilai slump, berat volume dan kuat tekan beton pada umur 3,7,14 dan 28 hari. Berdasarkan pemeriksaan, diperoleh nilai slump untuk BT.0-0,40, BT.1-0,40: BT.20,40, BT.0-0,35: BT.1-0,35, BT.2-0,35 dan BT.3-0,35 berturut-turut adalah 22,5 mm, 190 mm, 210 mm, 10 mm, 60 mm, 185 mm dan 220 mm. Berat volume beton rata-rata adalah 2252,59-2330,91 kg/m3. Nilai kuat tekan beton pada umur 28 hari untuk BT.0-0,40; BT.I-0,40; BT.2-0,40; BT.0-0,35; BT.1-0,35; BT.2-0,35 dan BT.3-0,35 berturut-turut adalah 48,6 MPa, 44,8 MPa, 38,5 MPa, 56,4 MPa, 52,6 MPa, 55,5 MPa dan 38,7 MPa. Berdasarkan klasifikasi yang ditetapkan oleh ACI, beton dalam penelitian ini termasuk beton berbobot normal. Nilai slump atau tingkat pengerjaan beton meningkat setelah penambahan LSC310 dan kuat tekan tertinggi setelah penambahan LSC310 dicapai oleh BT.2-0,35 dimana nilai kuat tekan pada umur beton 28 hari sebesar 55,5 MPa dengan nilai slump pada campuran sebesar 185 mm. 2,70 MPa.   

 

Kata kunci: hyperplasticizerLSC310, slump, kuat tekan beton

Downloads

Published

2024-01-29

Issue

Section

Articles