Analisis Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Jalan Perkotaan

Authors

  • Maria S. G. Padang Universitas Sam Ratulangi
  • Meike M. Kumaat Universitas Sam Ratulangi
  • Semuel Y. R. Rompis Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.55291

Abstract

Ekivalensi mobil penumpang (emp) merupakan faktor konversi berbagai jenis kendaraan dengan patokan mobil penumpang. Besarnya nilai emp dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya karakteristik kendaraan, arus lalu lintas, karakteristik jalan raya, kondisi cuaca, kondisi geometrik dan kelandaian. Penelitian ini dilaksanakan pada Jalan Piere Tendean dengan menggunakan metode Time Headway dan Analisa Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode time headway didapatkan hasil emp SM 0,47 dan emp KS 2,86 sedangkan untuk metode analisa regresi linear berganda didapatkan hasil emp SM 0,23 dan emp KS 2,71. Perilaku pengemudi di Indonesia memiliki ciri yang khas, sehingga mengharuskan proses kalibrasi yang lebih detail dan metode simulasi dengan bantuan Vissim dapat menggambarkan model lebih komprehensif dan hampir tepat sesuai dengan kondisi dilapangan yang meliputi perhitungan following, lateral serta lane changing. Dilakukan pemodelan menggunakan software PTV Vissim yang menghasilkan nilai emp untuk SM 0,87 dan KS 1,86. Besarnya nilai emp yang diperoleh dipengaruhi oleh lebar ruas jalan penelitian dengan banyaknya volume kendaraan dan juga jarak antara kendaraan yang cukup besar.

 

Kata kunci: EMP, Time Headway, analisis regresi linear berganda, metode simulasi

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles