Hubungan Waktu Tempuh Dengan Volume Lalu Lintas Pada Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Jl. Wolter Mongisidi Segmen Depan Bank BTN Sampai Jl. Sea)

Authors

  • Nedvelia Z. Wagiu Universitas Sam Ratulangi
  • Sisca V. Pandey Universitas Sam Ratulangi
  • Semuel Y. R. Rompis Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.55301

Abstract

Salah satu metode perhitungan waktu tempuh terhadap satu ruas jalan adalah volume-delay function. Penelitian dilakukan pada Jl. Wolter Mongisidi Manado, dimulai dengan mengumpulkan data volume lalu lintas dan waktu tempuh yang diambil dengan metode Moving Car Observer. Untuk mandapatkan fungsi volume tundaan dari persamaan yang dikembangkan oleh The Bureau of Public Roads didapat dengan perhitungan model Greenshields yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas dan waktu tempuh arus bebas dan dengan bantuan solver yang merupakan fasilitas dari Microsoft Excel dilakukan kalibrasi untuk parameter α dan β. Hasil dari kalibrasi Volume-Delay Function untuk Senin, 30 Oktober 2023 di dapat nilai α sebesar 0,59 dan β sebesar 1,36974962, Rabu, 01 November 2023 didapat nilai α sebesar 0,94 dan β sebesar 0,352044375,  Sabtu 04 November 2023 didapat nilai α  sebesar 0,82 dan β sebesar 0,34400245. Hal ini menandakan bahwa hasil kalibrasi dengan metode Volume-Delay Function dari BPR hanya dapat diaplikasikan pada hari senin saja, untuk hari rabu dan sabtu hubungan volume dan waktu tempuh yang menyatakan jika volume bertambah maka waktu tempuh bertambah tidak berpengaruh pada ruas jalan Jl. Wolter Mongisidi segmen Depan Bank BTN sampai Jl. Sea. Dapat diasumsikan ada faktor lain yang menyebabkan kapasitas jalan tersebut seringkali mengalami kemacetan.

Kata kunci: waktu tempuh, Volume-Delay Function, Greenshields, solver

Downloads

Published

2024-05-01

Issue

Section

Articles