Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapisan Permukaan Perkerasan Lentur Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Ruas Jalan Desa Lansa-Lantung)

Authors

  • Faya L. S. Kono Universitas Sam Ratulangi
  • Lucia G. J. Lalamentik Universitas Sam Ratulangi
  • Theo K. Sendow Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.55380

Abstract

Jalan merupakan sarana transportasi yang tidak luput dari keseharian manusia dalam beraktivitas. Dengan adanya sarana transportasi tersebut, maka mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Kinerja perkerasan jalan tentunya akan mengalami penyusutan seiring dengan bertambahnya umur dari jalan tersebut. Agar jalan dapat tetap menunjang manusia dalam beraktivitas maka diperlukan penanganan yang tepat sehingga kondisi jalan tetap terjaga kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kerusakan pada lapis permukaan ruas jalan desa Lansa-Lantung dengan Metode Pavement Condition Index dan menetapkan penanganan kondisi kerusakan jalan yang tepat. Metode yang digunakan adalah metode Pavement Condition Index. Hasil penelitian menjunjukkan Kondisi perkerasan pada ruas jalan Lansa-Lantung sebagian besar tergolong dalam kondisi sempurna (excellent) dengan total segmen sebanyak 17 segmen, sisanya 8 segmen tergolong sangat baik (very good), 2 segmen tergolong baik (good), 4 segmen cukup (fair), 8 segmen tergolong jelek (poor), dan 1 segmen tergolong sangat jelek (very poor). Nilai PCI ada pada segmen  35 dengan STA yaitu dengan nilai 19,5 kondisi perkerasan sangat jelek (very poor).

 

Kata kunci : kerusakan jalan, Lansa-Lantung, Pavement Condition Index

Downloads

Published

2024-05-07

Issue

Section

Articles