KAJIAN EXPERIMENTAL SIFAT KAREKTERISTIK MORTAR YANG MENGGUNAKAN ABU AMPAS TEBU SEBAGAI SUBSTITUSI PARSIAL SEMEN

Authors

  • Ronny E. Pandeleke

Abstract

Abu Ampas Tebu umumnya belum dimanfaatkan secara optimal sehingga hanya menjadi limbah.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemungkinan pemanfaatan Abu AmpasTebu sebagai bahan campuran beton. Kandungan Silika Abu Ampas Tebu yang tinggi, memberikan kemungkinan yang besar untuk dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pengganti (substitusi parsial) semen, dengan cara mencampurkan Abu Ampas Tebu kedalam campuran mortar.

Dalam penelitian ini diselidiki pengaruh pemanfaatan Abu Ampas Tebu terhadap sifat mekanik mortar yaitu kuat tekan mortar dengan variasi campuran presentasi berat semen diganti dengan Abu AmpasTebu 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. Pengujian kuat tekan yang dilakukan menggunakan benda uji berbentuk kubus 50x50x50 mm³ yang dilakukan pada umur 7, 14 dan 28 hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa benda uji yang tidak menggunakan abu ampas tebu (AT 0%) dari prosentase 5 sampai dengan 20 % abu ampas tebu melebihi nilai kuat tekannya. Pada umur 7 hari kuat tekan yang didapat untuk 5 %, 10%, 15%, 20%  abu ampas tebu melebihi nilai kuat tekan pada campuran 0% abu ampas tebu. Begitu pula dengan umur 21 dan umur 28 hari semuanya melewati nilai kuat tekan yang dihasilkan oleh AT1 0 % abu ampas tebu. Untuk campuran dengan menggunakan abu ampas tebu sebanyak 25 % lebih kecil nilainya dibandingkan dengan abu ampas tebu dengan kandungan 0 % abu ampas tebu ( AT1).

Kata Kunci : Mortar, Abu Ampas Tebu, Kuat Tekan

Downloads

Published

2014-04-15