Analisis Kerusakan Pada Lapisan Jalan Dan Cara Penanganannya Dengan Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) Studi Kasus: Ruas Jalan Airmadidi-Tondano STA 9+450 - STA 12+450

Authors

  • Jerias T. R. Lembang Universitas Sam Ratulangi
  • Steve C. N. Palenewen Universitas Sam Ratulangi
  • Lucia G. J. Lalamentik Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.56345

Abstract

Penelitian yang dilakukan yaitu Analisis Kerusakan Pada Lapisan Jalan dan Cara Penanganannya Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) yang dilakukan pada Ruas Jalan Airmadidi – Tondano; STA 9+450 – 12+450 untuk mengetahui kondisi perkerasan apakah sudah mengganggu kenyamanan lalu lintas sehingga dapat diberikan saran penanganan sesuai metode PCI. Pada Ruas Jalan Airmadidi-Tondano ditemukan kondisi perkerasan jalan yang masih dalam kondisi sempurna (excellent) sebanyak 37 segmen, dan untuk segmen yang lainnya masuk dalam kondisi perkerasan sangat baik (very good) dengan total 14 segmen dan dalam kondisi perkerasan baik (good) dengan total 12 segmen. Untuk kondisi perkerasan cukup (fair) mempunyai total 2 segmen, kondisi perkerasan jelek (poor) dengan total 1 segmen, dan pada kondisi perkerasan sangat jelek (very poor) mempunyai total 1 segmen. Untuk analisa beban yang diterima oleh ruas jalan yang diteliti dengan beban sumbu standar kumulatif untuk tahun 2023, tahun dimana dilakukan identifikasi indeks kondisi perkerasan jalan yaitu sebesar 78.256 ESAL, kemudian 5 tahun  sebelum dilakukan overlay yaitu tahun 2018 sebesar  64.532 ESAL dan 5 tahun setelah  overlay yaitu tahun 2028 yaitu sebesar 100.448 ESAL.

 

Kata kunci: analisis, Pavement Condition Index (PCI), beban lalu lintas

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles