Analisis Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan A. A. Maramis Kairagi Dua Manado

Authors

  • Hanna Pongkorung Universitas Sam Ratulangi
  • Audie L. E. Rumayar Universitas Sam Ratulangi
  • Meike M. Kumaat Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35793/jts.v22i88.56805

Abstract

Manado sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Utara memiliki masalah lalu lintas yang semakin meningkat dikarenakan pengaruh kebutuhan transportasi yang semakin tinggi, yang membuat kapasitas jalan tidak lagi mampu untuk menampung arus lalu lintas yang terus bertambah. Jalan A. A. Maramis merupakan salah satu jalan yang memiliki permasalahan lalu lintas dikarenakan adanya aktivitas hambatan samping yang tinggi. Penelitian ini mengambil data survey di lapangan berupa volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Analisis kinerja lalu lintas berupa kapasitas ruas jalan, kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan waktu tempuh didapatkan setelah dilakukan pengolahan data. Model pengaruh antara kecepatan dan hambatan samping juga didapat dengan melakukan analisa regresi. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan nilai kapasitas ruas jalan (C) sebesar 5353,776 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas (VB) sebesar 45,9513 km/jam. Nilai derajat kejenuhan (DJ) tertinggi yang didapatkan sebesar 0,381 dan nilai kecepatan tempuh (VT) sebesar 31 km/jam serta nilai waktu tempuh (WT) sebesar 5,806 detik. Berdasarkan hasil pemodelan antara kecepatan dan hambatan samping dapat diketahui pengaruh hambatan samping memberikan kontribusi sebesar 51,61% terhadap kecepatan kendaraan pada hari Sabtu, 18 November 2023 arah Paal 2 – Paniki, dan 53,09% pada arah Paniki – Paal 2.

 

Kata kunci: kinerja lalu lintas, hambatan samping, analisa regresi linier berganda

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles