Studi Karakteristik Gelombang di Pantai Buloh Tateli Weru Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa

Authors

  • Irene Christie Rosang
  • Jeffry D. Mamoto
  • Muh. I. Jasin

Abstract

Pantai Buloh Tateli Weru merupkan daerah yang digunakan sebagai wisata bahari dan sangat strategis sebagai kawasan industry dan pariwisata. berdasarkan pengamatan di lapangan ternyata telah terjadi banyak kerusakan dipantai Buloh berupa abrasi, erosi, ahli fungsi pelindung pantai. Kerusakan ini diakibatkan oleh faktor alam dan proses dinamika pantai seperti abrasi yang menimbulkan kekawatiran bagi masyarakat di pesisir pantai tersebut. Oleh karena itu dalam pengembangan dan pengamanan daerah pesisir serta perlindungan penduduk maka perlu mengetahui karakteristik gelombang yang terjadi di pantai tersebut.

Dalam penelitian ini perlu dilakukan pendekatan teori dan analisis transformasi gelombang yang terjadi di kawasan pantai Buloh Tateli Weru. Peramalan gelombang dihitung dengan metode hindcasting gelombang berdasarkan data angin selama 10 tahun dari stasiun BMG Winangun Stasiun Tondano untuk mendapatkan tinggi dan periode gelombang signifikan.

Dari hasil perhitungan gelombang di perairan Buloh Tateli Weru didominasi oleh gelombang arah Barat dengan gelombang maksimum terjadi pada bulan Desember 2003 dengan  H = 1.3344 m dan T = 4.37607 det. Koefisien refraksi yang terjadi berkisar antara 0.9332 sampai 1.0030. Sedangkan koefisien shoaling berkisar pada 0.9045 sampai 1.3348. Tinggi gelombang yang didapat dari hasil perhitungan berkisar pada 0.991 sampai 1.5747 m pada kedalaman 0.5 m sampai 25 m.

Kata kunci: Pantai Buloh Tateli Weru, Karakteristik Gelombang, Refraksi, Shoaling, Gelombang Pecah.

Downloads

Published

2015-03-15