Perancangan Media Pembelajaran Etnomatematika untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Bandung

Authors

  • Sidiq Aulia Rahman Universitas Islam Nusantara
  • Usep Kosasih Universitas Islam Nusantara
  • Samnur Saputra Universitas Islam Nusantara

Abstract

Artikel ini sebagai laporan kegiatan kolaborasi dosen, mahasiswa, dan guru di kota Bandung sebagai upaya meningkatkan partisipasi belajar dan penguatan budaya lokal melalui media belajar yang menarik. Kegiatan dilaksanakan pada salah satu sekolah di kota Bandung, yakni Madrasah Ibtidaiyah Baeturridlwan. Kegiatan diawali dengan sosialisasi media pembelajaran berbasis etnomatematika dilakukan dengan metode ceramah serta memberikan contoh-contoh sederhana yang bisa guru pahami dan kemudian diharapkan dapat memudahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru dan mahasiswa diberikan tantangan untuk melakukan analisis terhadap contoh-contoh pembelajaran yang diberikan, untuk selanjutnya berkolaborasi merancang desain yang baru. Tanggapan tetang pelaksanaan diperoleh dari guru dan kepala sekolah yang mengajukan untuk kelanjutan kegiatan sebagai mitra labschool bagi program studi pendidikan matematik.

References

Agusdianita, N., Karjiyati, V., & Kustianti, S. K. (2021). Pelatihan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 67 Kota Bengkulu. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 63-72.

Araiku, J., Somakim, S., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1-12.

Ardianti, S. D., & Ulya, H. (2021). Pemdampingan Penyusunan Bahan Ajar Ethno-Scientific Bagi Guru Sekolah Dasar. Dharmakarya, 10(3).

Ayu, L, S., Supriadi,. Aristyawan, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kalimaya, vol 4, No 2.

Brandt, A., & Chernoff, E. J. (2015). The importance of ethnomathematics in the math class. Ohio Journal of School Mathematics, 7, 31-36.

Fajriyah, E. (2018) Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, 1. 114-119.

Irfani, A. 2016. “Nasionalisme Bangsa Dan Melunturnya Semangat Bela Negara.†Jurnal Al-Hikmah 10(2):135–45

Karinawati, A. Supriadi, Arisetyawan, A. (2016) Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Kalimaya. 4(2).

Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., Ruchjana, B. N., & Abdullah, A. S. (2017, October). The role of ethnomathematics in West Java (A preliminary analysis of case study in Cipatujah). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 893, No. 1, p. 012020). IOP Publishing.

Prahmana, R. C. I., & Kusumah, Y. S. (2016). The hypothetical learning trajectory on research in mathematics education using research-based learning. Pedagogika, 123(3).

Published

2022-12-05 — Updated on 2022-12-05

Versions

How to Cite

Rahman, S. A., Kosasih, U., & Saputra, S. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Etnomatematika untuk Guru Sekolah Dasar di Kota Bandung. Vivabio: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(3), 92–96. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/vivabio/article/view/42988