HUBUNGAN OBESITAS DENGAN PENINGKATAN KADAR ALBUMINURIN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRAT PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UMUM

Authors

  • Rizky Natanael Adam

DOI:

https://doi.org/10.35790/ecl.v1i3.3238

Abstract

Obesitas merupakan penyakit karena asupan dan pengeluaran energi tidak seimbang yang menyebabkan jaringan lemak berlebihan, yang mengakibatkan keluarnya protein terutama albumin lewat urine terjadi karena adanya gangguan pada sistem filter di ginjal tepatnya di glomerulus yang mengakibatkan banyak protein yang keluar atau „bocor‟ yang disebut Mikroalbuminurin, Mikroalbuminuria merupakan salah satu penanda keterlibatan ginjal sebagai organ target pada penderita obesitas yang dinilai melalui pemeriksaan Rasio Albumin Kreatinin Urin (RAKU). Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hubungan Obesitas dengan peningkatan kadar Albuminurin pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UNSRAT program studi Kedokteran Umum.

Metode: Metode Penelitian ini bersifat opservasional dengan pendekatan potong lintang. Sampel penelitian ini adalah 30 orang dengan membandingkan 15 orang obesitas dan 15 orang non-obesitas pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNSRAT program studi Kedokteran Umum yang berlangsung pada bulan November – Desember 2012.

Hasil: Pada pemeriksaan RAKU didapati 4 sampel atau 13,33% sampel pada obesitas yang kadar albuminurin ialah mikroalbumin, dan juga pada tekanan darah sistolik dan diastolik terdapat perbedaan antara kelompok obesitas dan non-obesitas dimana di kelompok obesitas lebih tinggi rata-ratanya , penelitian ini menggunakan uji spearman dimana nilai RAKU p= 0,001 dan juga ditemukan pada sistolik p=0,05 dan diastolik p=0,032 hasil ini menunjukannya ada hubungan obesitas dengan peningkatan kadar albuminurin pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNSRAT program studi Kedokteran Umum.

Kesimpulan: Di temukan hubungan obesitas dengan peningkatan albuminurin pada pemeriksaan Rasio Albumin Kreatinin Urin.
Kata Kunci : Obesitas, Lingkar Pinggang, Rasio Albumin Kreatinin Urin (RAKU)

Abstract

Obesity is a disease that attributed by consume and dispensing energi that not balance and cause more fat tissue, and also cause protein dispensing especially albumine through urine. It is happen because there is disruption infiltration system in kidney especially in glomerulus and it is make more protein dispensing or “leak†and namely as microalbuminurine. Microalbuminurine is the one sign of kidney involvement as target organ to obesity pasient who assessed by Urine creatinine albumine ratio essay. The objective of this research is to investigate the associate of obesity with albuminurine concentrate increasing to students in general medicine program study, faculty of medicine, University of Sam ratulangi.

Methode: Methode of this research is observational typical with cross-sectional approach. The sample of this research is 30 students including 15 students with obesity and 15 students with non-obesity. This research conducted during november – december 2012

Results: On Urine creatinine albumine ratio essay found 4 samples or 13,33 % toward obesity with albuminurine concentration is microalbumine. There was different toward sistolic and diastolik blood pressure that high in obesity group observed. This research used Spearmen tested with value of Urine creatinine albumine ratio p= 0,001 and to sistolic p=0,05 and also diastolic p=0,032. This findings show an association between obesity and albuminurine concentration increased.

Conclusion: This research found an association between obesity with the increasing of albuminurine concentration on Urine creatinine albumine ratio essay.

Key words: Obesity, waist bend, Urine creatinine albumine ratio.

Downloads

How to Cite

Adam, R. N. (2013). HUBUNGAN OBESITAS DENGAN PENINGKATAN KADAR ALBUMINURIN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRAT PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UMUM. E-CliniC, 1(3). https://doi.org/10.35790/ecl.v1i3.3238

Issue

Section

Articles