Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasi

Authors

  • Lysy C. Moleong
  • Arthur M. Rumagit
  • Brave A. Sugiarso

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v2i3.2109

Abstract

Abstrak—Komputer merupakan nama yang sudah sangat populer dalam segala aspek kehidupan. Pada saat ini kebutuhan  akan komputasi yang besar sudah meningkat sedangkan jika hanya menggunakan satu buah personal computer (PC), sudah tidaklah memungkinkan. Untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang besar maka dibentuklah cluster computing yang menghubungkan sejumlah komputer individual kedalam suatu jaringan.

Sistem operasi komputer anggota cluster yang digunakan adalah sistem operasi Linux. Distribusi Linux yang dipakai adalah distribusi Debian GNU/Linux versi Sarge. Sistem ini di instal pada setiap komputer yang akan digunakan sebagai node. Rendering engine yaitu blender juga diinstal pada tiap node untuk melakukan proses render. Proses render dimulai dengan mengeksekusi komputer master dari yadra, setelah itu yadra akan membuka sebuah part yang digunakan untuk komunikasi dengan computer slave. Selain itu yadra akan menjalankan webserver yang nanti dapat digunakan oleh client untuk memonitor dan mendownload job hasil dari proses rendering.

Dengan adanya komputer cluster maka pengerjaan proses rendering akan lebih muda dan dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat dibandingkan dengan satu buah personal computer saja.

Kata Kunci: Blender, Cluster, Render, Yadra

Abstract – Computer is a thing that has been very populer in every human life. Now, the requirement of a large computing has arise while one personal computer is not enough. To fulfill this requirement, cluster computing is built for interconnect one personal computer to others into one network.

Linux operating system is used for client cluster computing wherein the linux distribution is Debian GNU/Linux Sarge version. This operating system is installed in every node. Blender is the rendering engine that also installed at every node and make a rendering. Rendering is beginning with execute yadra master, then open a part that used for communication with slave. Yadra run webserver that will be used by client to monitoring and job downloading as result from rendering.

By cluster computer, the rendering become easier and in a short time than one personal computer.

Keyword : Blender, Cluster, Rendering, Yadra.

Downloads

Published

2013-07-11