Rancang Bangun Alat Pengendali Elektronik Universal Menggunakan Suara Manusia

Authors

  • Riane Kawengian
  • Janny O. Wuwung
  • Brave A. Sugiarso
  • Arie S.M. Lumenta

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v2i4.2857

Abstract

Abstract -- Sound is an important part of a communication among human. By our voices we can control electronic equipment in the house as desired. In this study every sound signal of each human being has different characteristics so as to control the equipment only on one person alone that are security system.

Audio recording use the internal microphoneon PC. To display the voice signal we use the matlab program with the method used for the Fast Fourier Transform can transform the sound in the time domain signal into sound signals in the frequency domain.  After the voice recognition has done, matlab program will send the data to the microcontroller for triggering the relay in the fan and incandescent bulbs. The accuracy of the system after testing reaching 87,5 %. Output value results when done recording for the voice command  “B†is 0.0203857 , for voice signals at “ON†command is 0.021416 and for the word “OFF†is 0.0195313 .

Keywords: Fast Fourier Transform,  MATLAB, Microcontroller, Sound, Relay



Absrtak-- Suara merupakan bagian yang penting dalam suatu komunikasi antar sesama manusia. Dengan memanfaatkan suara kita dapat mengendalikan peralatan elektronik yang ada di dalam rumah sesuai yang diinginkan. Dalam penelitian ini setiap sinyal suara dari setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga untuk mengendalikan peralatan hanya menggunakan suara dari satu orang saja yang bersifat security system.

Perekaman suara dilakukan dengan menggunakan microphone internal yang ada pada PC. Program matlab digunakan untuk menampilkan sinyal suara. Metode yang digunakan adalah Fast Fourier Transform untuk mentransformasikan sinyal suara dalam domain waktu menjadi sinyal suara dalam domain frekuensi. Setalah dilakukan pengenalan suara, matlab akan mengirim data ke mikrokontroler untuk memicu relay pada kipas angin dan lampu pijar. Keakurasian sistem ini setelah dilakukan pengujian mencapai 87,5%. Hasil nilai output ketika dilakukan recording untuk perintah “B†adalah 0.0203857, untuk sinyal suara pada perintah “ON†adalah 0.021416 dan untuk kata “OFF†adalah 0.0195313.

Kata Kunci : Fast Fourier Transform, Matlab, Mikrokontroler, Suara, Relay

Downloads

Published

2013-10-30