Rancang Bangun Alat Pengayun Bayi Dengan Sensor Suara dan Kelembaban

Authors

  • Nando A. Purba
  • Elia K. Allo
  • Sherwin R.U.A. Sompie
  • Bahrun .

DOI:

https://doi.org/10.35793/jtek.v2i1.911

Abstract

Otomatisasi industri yang semakin berkembang menjanjikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Kemudahan dalam mengoperasikan suatu peralatan elektronik merupakan keinginan bagi para konsumen. Jarak, waktu, dan tenaga menjadi salah satu kendala dalam pengoperasian sejumlah peralatan elektronik. Sehingga harapan kemudahan itulah yang mengakibatkan perkembangan teknologi dari keinginan manusia yang tak terbatas. Mereka berharap bisa melakukan efisiensi waktu dan tenaga yang akan memperlancar rutinitas kerja sehari-hari.

Sering sekali ibu rumah tangga kelelahan dalam menimang untuk menidurkan anaknya dan setelah itu meninggalkan anaknya dalam keadaan tertidur di ranjang untuk melakukan aktivitas yang lain. Dan akibatnya bila anak tersebut terjaga dan menangis, tidak ada seorang pun yang bisa menghiburnya. Untuk membantu meringankan tugas ibu tersebut maka perlu adanya alat yang otomatis dapat menghibur sementara anak menangis tersebut. Salah satunya adalah alat penimang otomatis

Alat penimang otomatis berbasis mikrokontroller AT89S51 merupakan alat yang bekerja otomatis untuk mengayun ranjang bayi. Alat ini dilengkapi dengan sensor suara untuk mendeteksi apabila bayi menangis dan ranjang akan mengayun dengan sendirinya disertai dengan musik. Serta sensor kelembaban untuk mengetahui keadan kasur basah dalam arti bayi buang air.

 

Kata kunci: Alarm, mikrokontroller, motor, musik, sensor kelembaban,  sensor suara

Downloads

Published

2013-02-06