PERILAKU SOSIAL PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V (PERSERO) SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP LINGKUNGAN SEKITAR

Authors

  • Noviyanti Zaitun Kaaro
  • Lintje Kalangi

DOI:

https://doi.org/10.32400/ja.3680.2.2.2013.1-14

Abstract

Perusahaan berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan mempertimbangkan faktor lingkungan hidup. Saat ini dunia usaha tidak hanya memperhatikan keuntungan yang didapatkan, namun juga harus memperhitungkan aspek sosial, dan lingkungan. Ketiga elemen inilah yang kemudian bersinergi membentuk konsep pembangunan berkelanjutan.

Analisis ini dilakukan pada PT Perkebunan Nusantara V (Persero). Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang usaha perkebunan, agro wisata dan agro bisnis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif, yaitu dengan menggambarkan dan menguraikan data mengenai Corporate Social Responsibilityyang terdapat pada PT Perkebunan Nusantara V (Persero). Kemudian data-data tersebut dibandingkan dengan data-datadi masa lalu.

Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Perkebunan Nusantara V (Persero) telah melakukan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya yang terkait dengan masyarakat, lingkungan dan sumber daya manusia walaupun belum secara proporsional.

 

Kata Kunci: Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan

Downloads

Published

2013-12-30