ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN JASA LAYANAN DI PT.POS INDONESIA MANADO

Authors

  • Meilly Mariyani Mariza Rumbay
  • Max R. Rembang
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud, serta tidak menghasilkan kepemilikan. Tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan jasa menjadi peluang yang besar bagi perusahaan-perusahaan ekspedisi, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah perusahaan yang melebarkan sayap di bidang pengiriman surat maupun barang/paket. Salah satunya perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi adalah Kantor Pos. Banyaknya produk yang di tawarkan, tidak menutup kenyataan yang ada bahwa masyarakat sekarang lebih memilih perusahaan ekspesidi yang lain dikarenakan Kantor Pos lebih dikenal sebagai perusahaan untuk pengiriman surat dan penerimaan dana pensiun saja. Meskipun sudah berbasis online, Kantor Pos sudah tergolong tidak populer di jaman milenial. Di era pasar global, persaingan yang tinggi di tandai dengan mudahnya masyarakat dalam menggunakan jasa layanan ekspedisi. Hal tersebut membuat perusahaan-perusahaan harus mampu menciptakan inovasi yang berorientasi kedepan untuk dapat bersaing dengan perusahaan ekspedisi yang lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini pada dasarnya merupakan prosedur-prosedur penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data-data deskriptif berupa tulisan, ucapan, maupun perilaku-perilaku yang diamati. Marketing Communication Mix adalah sebuah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memberikan nilai tambah terhadap suatu perencanaan yang mendalam dengan cara melakukan evaluasi terhadap peran strategis dari berbagai macam ilmu komunikasi dan mengkombinasikannya untuk menghasilkan keakuratan, konsistensi, dan efek komunikasi secara maksimal melalui integrasi dari pesan-pesan yang terpisah. Dari hasil penelitian, Periklanan, promosi penjualan serta pemasaran langsung yang kurang menjadi salah satu alasan juga mengapa Kantor Pos sekarang kurang di minati kaum muda, karena memang juga Kantor Pos Manado untuk pemasarannya lebih kepada humas dan publisitas dimana mereka lebih menfokuskan kepada kemitraan atau menjalin kerjasama dengan perusahaan lokal ketimbang pelayanan untuk pemasaran melalui internet. Karena kantor Pos Manado pemasarannya tidak terfokus pada internet marketing.
Kata Kunci : Analisis Komunikasi Pemasaran

Downloads

How to Cite

Rumbay, M. M. M., Rembang, M. R., & Kalesaran, E. R. (2019). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN JASA LAYANAN DI PT.POS INDONESIA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/25458

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>