PERAN PENGARAH PROGRAM ACARA “SWEET MEMORY” DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT (STUDI PADA PT. RADIO SUARA MITRA 92,8 FM RATAHAN)

Authors

  • Hanna Anisa Engelin Popo
  • Reiner R. Onsu
  • John S. Kalangi

Abstract

Radio merupakan dunia yang tidak asing lagi bagi masyarakat, dari lapisan bawah, menengah, hingga lapisan atas, baik tua maupun muda, semuanya pasti akrab dengan media yang satu ini. Sifatnya yang unik menjadikan radio selalu diminati masyarakat. Radio memiliki sifat unik karena radio menyajikan produksinya secara audio saja. Produksi program siaran radio adalah mentransfer naskah suara, yang ujungnya menjadi suatu hasil nyata dari sebuah ide. Pemograman adalah tahap paling penting dalam setiap kegiatan, tak terkecuali dalam membangun radio. Pemograman akan menentukan kemana arah radio hendak dibawa, untuk kepentingan siapa mereka ada, serta apa tujuan yang hendak dicapai.Radio Suara Mitra merupakan satu-satunya radio di Minahasa Tenggara. Radio suara mitra mempunyai beberapa program yang disiarkan, salah satunya yaitu program sweet memory. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka dan lebih menekankan pada makna (data dibalik yang teramati). Peneliti ikut berpartisipasi lama di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan membuat laporan secara mendetail. Penelitian ini mengenai peran pengarah program sweet memory dalam meningkatkan minat dengar masyarakat. Peran pengarah program acara sweet memory dalam meningkatkan minat dengar masyarakat adalah meningkatkan kreatifitas sumber daya manusia, memperhatikan fasilitas yang ada, melakukan promosi selain melalui media sosial, tetapi melakukan kegiatan langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran dan masukan.
Kata Kunci : Peran, Program Acara, Masyarakat

Downloads

How to Cite

Popo, H. A. E., Onsu, R. R., & Kalangi, J. S. (2020). PERAN PENGARAH PROGRAM ACARA “SWEET MEMORY” DALAM MENINGKATKAN MINAT DENGAR MASYARAKAT (STUDI PADA PT. RADIO SUARA MITRA 92,8 FM RATAHAN). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/27107

Most read articles by the same author(s)