PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PEMBELI PERUMAHAN HOLLAND VILLAGE PANIKI
Abstract
Semakin padatnya pertumbuhan penduduk menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan perumahan, hal ini mendorong para pengembang perumahan (properti) untuk mendirikan alternatif solusi perumahan yang layak dan terjangkau. Peran komunikasi pemasaran dalam dunia bisnis itu sangatlah penting dikarenakan komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta suksenya pemasaran. Komunikasi pemasaran mempresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran yang memfasilitasi terjadinya pertukaran dengan menciptakan suatu arti yang disebar luaskan kepada pembeli atau kliennya. Karena tanpa komunikasi konsumen maupun masyarakat secara keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk di pasar. Fenomena komunikasi pemasaran yang terjadi saat ini dalam mempromosikan atau menginformasikan produk/merek yaitu kurang aktifnya iklan dimedia membuat terbatasnya pengetahuan tentang objek produk/merek tersebut, penjualan perorangan yang kurang meyakinkan kepercayaan pembeli. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang peran komunikasi pemasaran dalam membangun kepercayaan pembeli perumahan Holland Village Paniki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik Porposive Sample dengan menggunakan landasan teori Bauran Promosi dimana merupakan panduan dari Iklan Promosi Penjualan Penjualan Personal, Penjualan Langsung. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan antara lain : (1) Pengelolaan dibidang iklan belum dilakukan secara maksimal oleh Holland Village, karena belum banyak pembeli yang mendapatkan informasi secara maksimal melalui iklan. (2) Penjualan Perorangan Holland Village mampu memberikan pelayanan yang baik, serta memberikan kepuasan atas informasi yang diberikan. (3) Promosi Penjualan yang dilakukan Holland Village mampu menarik minat pembeli. (4) Penjualan Langsung melakukan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, menunjukkan kekonsitenannya terhadap pembeli atau calon pembeli.
Â
Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Konsumen, Bauran Promosi