APARTEMEN DI BITUNG “FRACTAL GEOMETRY”

Stenly Hasang, Frits O. P. Siregar, Deddy Erdiono

Abstract


Kota Bitung merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Sebagai Kota Pelabuhan, Bitung menjadi pintu masuk bagi para wisatawan dan perdagangan barang dan jasa di wilayah Indonesia timur. Seiring waktu berjalan, pembangunan kota Bitung terus berkembang. Di bidang ekonomi, Bitung mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Sering berkembangnya kota, pertumbuhan penduduk dalam kota juga terus meningkat. Jumlah penduduk yang terus bertambah mengakibatkan kebutuhan akan lahan untuk hunian juga ikut meningkat, apalagi di tengah kota yang memiliki keterbatasan lahan dan nilai jual lahan yang cukup tinggi. Hal seperti ini merupakan permasalahan yang selalu dijumpai di kota-kota besar atau kota-kota yang sudah berkembang.

Apartemen menjadi solusi untuk memecahkan masalah pemukiman yang ada dalam kota. Konsep apartemen yaitu perumahan massal yang ditumpuk ke atas, menjadi penjawab kebutuhan akan hunian di tengah kota yang memiliki keterbatasan lahan.

Fractal geometry sebagai tema perancangan memberi inovasi baru dan berbeda dalam sebuah perancangan. Terlebih khusus untuk apartemen sebagai bangunan komersial yang membutuhkan konsep perancangan yang mampu menciptakan karakter/citra yang kuat dari apartemen sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen.

Kata Kunci : Bitung, permasalahan kota, apartemen, fractal geometry


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.