REDESAIN PERPUSTAKAAN DAERAH DI MANADO “PENELUSURAN MAKNA EDUKATIF DAN REKREATIF DALAM ARSITEKTUR”

Iqnasya E. P. Sampouw, Julianus A. R. Sondakh, Surjadi Supardjo

Abstract


ABSTRAK

Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal, artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah maupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Dimana perpustakaan sebagai sumber informasi yang menyimpan karya manusia, karya cetak seperti buku, majalah, dan sejenisnya serta karya rekaman seperti kaset, piringan hitam, dan sejenisnya. Perpustakaan juga menjadi sumber informasi yang menjadi acuan dalam mencari literatur.

Dalam menarik minat pengunjung perpustakaan memerlukan sebuah desain ruang-ruang yang bisa menarik minta baca pengunjung perpustakaan karena tatanan fisik merupakan salah satu dasar dalam memenuhi kebutuhan dasar beraktivitas, mempengaruhi penampilan, perasaan, dan kepribadian setiap orang / pengunjung, dan dalam perancangan “Redesain Perpustakaan Daerah” ini penulis menggunakan penerapan tema “Edukatif dan Rekreatif dalam Arsitektur”.

Edukasi merupakan fungsi utama dalam sebuah perpustakaan. Edukatif dalam sebuah perpustakaan dapat diwujudkan melalui penyediaan berbagai macam sarana dan fasilitas belajar serta sumber informasi yang lengkap, baik secara manual berupa buku maupun digital berupa audio visual. Dan dimana Rekreatif adalah suatu kegiatan yang bersifat rekreasi, yang biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang ketika terbebas dari pekerjaan atau tugas.

Kata kunci : Perpustakaan, Edukatif, Rekreatif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.