PENERAPAN FRAKTAL PADA DESAIN ARSITEKTUR APARTEMEN

Johansen Mandey, Judy O. Waani, Prof. Sangkertadi

Abstract


Sebagai hasil karya manusia, arsitektur dikelompokan sebagai karya seni karena merupakan hasil ekspresi perasaan atau sikap dari suatu fenomena yang diwujudkan menjadi lingkungan binaan. Fraktal adalah bentuk pertama yang tidak berdasarkan garis atau nonlinearitas. Seiring dengan peningkatan pertumbuhan penduduk dan keterbatasan akan lahan maka, apartemen merupakan solusi yang tepat untuk menjawab persoalan akan tempat tinggal dan keterbatasan lahan.

Geometri Fraktal adalah sebagai salah satu ilmu dalam matematika yang mempelajari sifat-sifat dan prilaku fractal. Carl Bovill berpendapat bahwa penggunaan bentuk-bentuk euclidian geometri (segi empat, segi tiga, lingkaran) menghasilkan karya arsitektur yang datar dan tidak alami, sementara penggunaan fraktal geometri dianggap lebih mendekati bentuk dan prosess transformasi bentuk yang terjadi di alam.

Konsep dan metode desain fraktal arsitektur merupakan proses desain yang dilakukan dengan pemikiran empiris untuk menghasilkan suatu desain arsitektur apartemen.

Kata Kunci : Arsitektur, Fraktal, Apartemen, Geometri


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.