SHOPPING MALL DI MANADO “UNDERGROUND ARCHITECTURE”

Devid Sibula, Frits O. P. Siregar, Sonny Tilaar

Abstract


Sebagai kota yang sedang berkembang pesat serta ditunjang oleh keberadaannya sebagai pusat perdagangan di Indonesia Timur, serta pintu masuk ke kawasan ekonomi global, khususnya di Asia Pasific, maka Kota Manado adalah pasar potensial yang sangat menjanjikan bagi investor pusat perbelanjaan. Ini terlihat dari daya beli masyarakat yang sangat kritis terhadap suatu produk terbaru.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen sangat diharapkan untuk pembangunan pusat perbelanjaan yang merata untuk setiap wilayah pengembangan wilayah Kota Manado. Pembangunan bangunan komersial seperti Shopping Mall adalah salah satu cara untuk memenuhi tingkat kebutuhan masyarakat dalam belanja.

Pendekatan Underground Architecture akan membuat berbeda dengan pusat perbelanjaan pada umumnya di Manado. Keberadaan konsep Underground Architecture akan membuat bangunan Shopping Mall di Manado ini terlihat lebih ramah lingkungan dan unik serta sebagai salah satu jalan keluar untuk penyediaan KDH ketika semua lahan telah dipakai untuk diinvestasikan.

Kata kunci : Shopping Mall, Manado, Underground Architecture.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.