APARTEMEN DI MANADO Metabolisme dalam Arsitektur

Dio S. A. Siregar, Judy O. Waani, Johannes Van Rate

Abstract


Pertumbuhan ekonomi dan penduduk kota Manado yang semakin meningkat membuat masyarakat kota untuk mencari hunian yang lebih aman dan nyaman. Menurut data BPS dalam Manado Dalam Angka 2015, jumlah penduduk kota Manado tahun 2014 berjumlah 423.257 jiwa. Besarnya jumlah penduduk Kota Manado menyebabkan kepadatan penduduk menjadi cukup tinggi. Dengan luas wilayah 157,26 km², kepadatan penduduk mencapai 2.691 jiwa/km². Angka ini tergolong padat sebagaimana daerah perkotaan lainnya. Karena setiap 1 km2 wilayah di kota Manado dihuni 2.691 jiwa.

Untuk menanggulangi kepadatan penduduk dan menyediakan hunian yang lebih nyaman, maka diperlukan sebuah bangunan hunian yang menyediakan kenyamanan dan fasilitas seperti apartemen. Apartemen merupakan hunian yang dibangun sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Aplikasi tematik Arsitektur Metabolisme yaitu proses “pertumbuhan” dan “perubahan” baik secara organik maupun linear (horizontal maupun vertikal). Dengan menggunakan struktur tunggal skala super (megastructure) sebagai upaya pemanfaatan  lahan  yang sempit serta penggabungan dengan ruang “komunal” untuk berbagai fasilitas umum. Prinsip-prinsip Metabolisme yang digunakan dalam rancangan ini adalah core, void, geometric form, geometric  fractal (bentuk bebas/ambigu),  dan modular.

Perancangan apartemen dengan menggunakan tema Metabolisme merupakan salah satu pertimbangan dalam upaya memanfaatkan ruang kosong di udara yang berlimpah sehingga sistem konstruksi yang digunakan adalah bangunan berlantai banyak (high rise building). Untuk menekan investasi awal yang sangat besar maka desain apartemen dengan konsep metabolisme yang bertumbuh, dapat menekan biaya pembangunan awal sesuai dengan kebutuhan yang kemudian akan berkembang sesuai dengan pertambahan kebutuhan yang ada.

Dengan dibangunnya Apartemen di Manado yang mengaplikasikan tema ”Metabolisme dalam Arsitektur”, yang dimana Metabolisme merupakan suatu proses bertumbuh menjadi lebih banyak, maka apartemen ini dapat mengaplikasikan bangunan dengan konsep bertumbuh yang mengikuti kebutuhan penggunanya.

Kata Kunci: Apartemen, Metabolisme, bertumbuh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.