SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BETHESDA DI TOMOHON “ARSITEKTUR KONTEKSTUAL”

Eunike T. Kolibu, Dwight M. Rondonuwu, Oktavianus H.A. Rogi

Abstract


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bethesda terletak di Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di pusat Kota Tomohon. STIKes Bethesda merupakan perguruan tinggi swasta milik Yayasan GMIM Ds. A.Z.R. Wenas yang merupakan konversi dari Akademi Keperawatan Bethesda. STIKes Bethesda berada pada kawasan GMIM yang disebut Superblok GMIM, dimana latar belakang utama dari Superblok GMIM ini yaitu sebagai aset GMIM yang bersifat gerejawi yang kontekstual dimana melayani dalam bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian yang ada di Kota Tomohon. Selain itu, STIKes Bethesda barada dalam suatu kawasan bersejarah, dimana berada dekat dengan sebuah bangunan gereja yaitu ‘Gereja Tua Sion’ yang sudah berdiri sejak tahun 1878 dan bangunan rumah peninggalan Ds. A.Z.R.Wenas. Sehingga dalam perancangan ini menggunakan pendekatan tema ‘Arsitektur Kontekstual’ dimana memperhatikan permasalahan kontinuitas visual antar bangunan baru dengan nuansa lingkungan yang ada disekitarnya dengan konsep harmoni/selaras dan konsep kontras antara bangunan dengan perbedaan zaman dan gaya.

Tujuan perancangan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda yaitu sebagai wadah fisik pelayanan fasilitas pendidikan yang representatif yang beradaptasi dengan lingkungan dan bangunan sekitar dalam kawasan Superblock GMIM. STIKes Bethesda diharapkan dapat mewadahi serta memfasilitasi berbagai aktivitas pengguna didalamnya khususnya bagi masyarakat Kota Tomohon. Dalam perancangan ini menggunakan metode pendekatan tipologi bentuk, tipologi fungsi dan tipologi kultural historik.

Adapun hasil perancangan yang diterapkan teraplikasi dalam konsep aplikasi tematik, konsep gubahan bentuk dan ruang, konsep zoning, konsep entrance, parkir dan sirkulasi pada tapak, konsep struktur dan konstruksi serta utilitas bangunan, konsep selubung bangunan dan konsep ruang luar. Dimana tervisualisasi melalui gambar hasil perancangan.

Kata kunci       : Arsitektur Kontekstual, STIKes, Superblock GMIM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.