KAWASAN AGROWISATA JAGUNG DI LIMBOTO “OPTIMALISASI SEQUENCE, SERIAL VISION, SERTA PLACE AND CONTENT ”

Nany A. Matali, Rieneke L.E. Sela, Rachmat Prijadi

Abstract


Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mendapat prioritas tinggi disetiap negara. Salah satu sektor pariwisata di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan adalah agrowisata. Agrowisata merupakan salah satu bidang usaha pariwisata yang berlandaskan konsep pertanian, serta alam, dan budaya yang beragam.

Provinsi Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati. Tidak hanya itu, Provinsi Gorontalo juga merupakan daerah dengan penghasil varietas jagung terbaik sehingga menjadikan jagung itu sendiri sebagai komoditi utama di Provinsi Gorontalo. Limboto, merupakan salah satu kota yang ada di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo yang mengusung program pemerintah “Kota Layak Anak”. Kota Limboto sendiri mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam sektor pembangunan dan pariwisata.

Mengacu pada hal diatas maka munculah gagasan untuk menghadirkan kawasan wisata sebagai sarana rekreasi dan juga mendidik bagi para wisatawan, guna mendukung program pemerintah di Kota  Limboto, serta balai riset jagung yang ada dalam kawasan agar dapat manghasilkan jagung-jagung dengan kualitas terbaik. Kawasan Agrowisata Jagung di Limboto mengambil tema “Optimalisasi Sequence, serial vision, serta place and content” yang mengoptimalkan rancangan ruang luar dan ruang dalam kawasan berdasarkan beberapa aspek yang telah ada sehingga tercipta sebuah kawasan agrowisata yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan.

Kata kunci            : Kawasan Agrowisata, Limboto, Optimalisasi Sequence, serial vision, serta place and content


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.