SEKOLAH TINGGI MODE DI MANADO. KESAMAAN TEKNIK EKSPLORASI BENTUK ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR DAN MODE

Holy V. Siridaeng, Linda Tondobala, Leidy M. Rompas

Abstract


Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan sandang atau busana merupakan kebutuhan primer yang kini memiliki banyak fungsi sehingga memunculkan tren mode berbusana di dunia dan membuka banyak peluang kerja di bidang mode. Perkembangan ini tentunya harus didukung dengan SDM yang berkualitas di bidang mode yaitu sarana pendidikan seperti Sekolah.

Manado salah satu kota tujuan masyarakat dari berbagai daerah Sulawesi utara dan sekitarnya untuk merantau dan menuntun ilmu, juga menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki respon baik dalam dunia mode sehingga kota manado memerlukan sarana pendidikan tingkat tinggi (S1) di bidang Mode.

Dengan tujuan merencanakan suatu sarana pendidikan tinggi di bidang mode yang dapat mewadahi kebutuhan pendidikan yang lebih edukatif dan atraktif dengan penerapan tema kesamaan teknik eksplorasi bentuk estetika dalam arsitektur dan mode yang tidak hanya mementingkan nilai fungsional namun juga mengedepankan nilai estetika maka diharapkan sekolah tinggi mode di manado dapat menjadi suatu objek arsitektural yang dapat mewadahi kebutuhan masyarakat serta dapat meningkatkan citra kota manado dalam bidang mode.

Kata Kunci           : Estetika, Mode, Sekolah Tinggi,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.