HOTEL RESORT TEPI PANTAI di LIKUPANG TIMUR. “PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR BIOMORFIK”

Ripka T. Todingan, Michael M. Rengkung, Leidy M. Rompas

Abstract


Likupang Timur merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan menjadi satu dari sebelas Kabupaten di Minahasa Utara.Pariwisata di Likupang Timur mempunyai prospek yang baik dan masih dapat dikembangkan secara lebih optimal. Objek wisata yang beragam menjadi salah satu potensi dalam sektor pariwisata di Likupang Timur sehingga tergolong primadona dalam menghasilkan devisa Negara. Keindahan yang menakjubkan dari pulau-pulau dan pantai-pantai yang terdapat di Sulawesi Utara diprediksi akan semakin diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

Penekanan desain pada hotel resort ini adalah arsitektur biomorfik yang mengambil ide-ide bentukan dari makhluk hidup di alam yang kemudian diterapkan pada denah, ornament, bentuk jendela atau pintu, bentuk atap, material dan warna.

Kajian diawali dengan mempelajari pengertian dan hal-hal mendasar mengenai Hotel Resort, tipe dan syarat hotel, sejarah dan perkembangan hotel, pedoman perencanaan hotel resort dan tinjauan arsitektur biomorfik.Akhirnya, seluruh hasil kajian dituangkan dalam bentuk program ruang dan konsep-konsep perancangan yang diaplikasikan ke dalam desain yang dipresentasikan ke dalam bentuk gambar-gambar arsitektur.

Kata Kunci : Biomorfik, Hotel, Likupang Timur, Resort.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.