ISLAMIC CONTEMPORER CULTURAL CENTER DI MANADO SYMBOL KALIGRAFI ARABESQUE SEBAGAI STRATEGI DESAIN

Authors

  • Imannudin Imannudin
  • Deddy Erdiono
  • Faizah Mastutie

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v6i1.15639

Abstract

Belum adanya suatu wadah yang menginformasikan Islam secara lengkap dan menjadi tempat rujukan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan Islam yang dapat menyatukan komunitas muslim khususnya di kawasan Kota Manado, sehingga dibutuhkan sebuah wahana yang dapat mewadahi kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islam dalam satu tempat sekaligus menjadi rekreasi yang bersifat religi untuk menyeimbangkan kebutuhan jasmani dan rohani di kawasan perkotaan yang memiliki rutinitas tinggi, serta perlu adanya sebuah tempat yang dapat menyatukan komunitas muslim di Kota Manado. Untuk menjawab permasalahan dan tantangan tersebut maka disusunlah Tugas Akhir yang mengusung judul obyek rancang yaitu Islamic Contemporer Cultural Center.

Tema yang digunakan untuk melakukan proses perancangan ini adalah arabesque dengan metode pendekatan simbolisme Kaligrafi. Lingkup pelayanan obyek rancang meliputi aktivitas rekreasi, edukasi, dan komersial yang kemudian dituangkan dalam pembagian fasilitas utama dan penunjang. Fasilitas utama meliputi art gallery, ruang edukasi (khusus membahas tentang islam itu sendiri & yang membahas tentang lintas agama).  Perpustakaan  ,serta masjid.

Islamic Contemporer Cultural Center Di Manado disini merupakan tempat yang dapat menfasilitasi serta mengakomodasi segala kebudayaan serta kesenian Islami yang ada. Dengan adanya objek ini, kekayaan budaya Islami dapat ditampilkan, dipelajari, serta di identifikasikan untuk pengembangan dan  pelestarian Islamic Contemporer Cultural Center Di Manado ini pula dapat menjadi tempat tujuan wisata untuk pengenalan budaya Islam.

Kata kunci : Islam center,Arabesque, Arsitektur Contemporer.

Downloads

Published

2017-04-24