REDISAIN TERMINAL PENUMPANG ANGKUTAN LAUT DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA. Arsitektur Tropis

M. Supriady M. Sardi, Aristotulus E. Tungka, Claudia O. Wuisang

Abstract


Terminal Pelabuhan Laut sebagai bagian dari sistem transportasi yang merupakan suatu sarana penghubung yang berfungsi sebagai tempat alih/muat penumpang dan barang.yang akan diantarkan ke daerah-daetah yang dituju. Tujuan untuk mendisain obkel terminal pelabuhan ini untuk Menigkatkan pengembangan infrastruktur dan untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Sula

                Terminal Pelabuhan adalah tempat peralihan  manusia dari darat menuju kapal (laut) dengan segala proses yang dilaluinya. Dari segi arsitektural, terminal ini bukan hanya sebagai tempat transisi, melainkan juga berfungsi sebagai landmark / pintu gerbang perekonomian daera. Terminal terbagi dalam tiga tipe, yaitu tipe A, tipe B, dan tipe C, yang dikelompokkan berdasarkan lingkup pelayanan terminal itu sendiri.

                Dalam perencanaan proyek ini, dilakukan pendekatan desain tematik dengan konsep Arsitektur Tropis dimana Terminal Pelabuhan dengan konsep ini dapat memanfaatkan sumber alam yang ada di daerah tesebut untuk meminimalisir pemanasan global menampilkan kekuatan struktur dan estetika yang dapat mencerminkan fungsi bangunan itu sendiri.

 Kata Kunci : Terminal Penumpang Pelabuhan, Arsitertur Tropis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.