SORONG SPORT CENTER. Hi Tech Architecture

Authors

  • Sanny B. The
  • Vicky H. Makarau
  • Claudia S. Punuh

DOI:

https://doi.org/10.35793/daseng.v7i2.21156

Abstract

Kota Sorong menjadi salah satu pusat perkembangan Ekonomi dan Bisnis di Papua khususnya di Papua Barat, selain itu Sorong sendiri memiliki berbagai destinasi wisata yang terkenal. Semakin hari perkembangan ini semakin terlihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di kota Sorong. Namun perkembangan dalam bidang pariwisata berbandaing terbalik dengan perkembangan didalam bidang olahraga, Meskipun daya tarik masyarakat akan Olahraga sangatlah tinggi di kota Sorong dan berpotensi mempunyai atlet-atlet yang professional, ataupun untuk menyelenggarakan suatu event olahraga berskala nasional. Sebenarnya sudah bisa menjadi tuan rumah event-event olahraga setingkat nasional namun belum tercapainya hal tersebut dikarenakan tidak adanya wadah yang menyediakan sebuah arena bertaraf nasional yang ada di kota Sorong. Oleh karena itu dibutuhkan wadah yang dapat mewadahi event-event olahraga nasional sehingga diperlukannya bangunan Sport Center yang berfungsi sebagai tempat bertandingnya atlet nasional di kota Sorong.

Sport Center secara umum merupakan gedung multifungsi yang memadukan fungsi Olahraga Prestasi dan Olahraga Rekreasi yang didalamnya menawarkan area yang cukup untuk mengakomodasi banyak pengunjung. Fasilitas Arena pertandingan disediakan untuk memenuhi event olahraga nasional yang diadakan. Pada dasarnya Arena pertandingan digunakan tidak hanya untuk melakukan pertandingan melainkan bagi pengunjung bisa menikmati tontonan menarik dari atlet nasional dan juga fasilitas penunjang seperti lapangan indoor nantinya disediakan untuk pengunjung untuk mengisi waktu luang/rekreasi atau atlet untuk tempat latihan.

Untuk menciptakan bangunan Sport Center yang dapat menarik perhatian pengunjung maka penulis menggunakan pendekatan desain High Tech Architecture agar dapat memberi kesan menarik dan sesuai perkembangan zaman pada bangunan.

 

Kata Kunci : Kota Sorong, Sport, High Tech Architecture

Downloads

Published

2018-10-18